Opini  

Produksi Olahan Susu Sapi Perah Sebagai Bahan Pangan

Rendra Maulana Azis

Oleh: Rendra Maulana Azis, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang

MEMOX.CO.ID – Sapi perah adalah sapi yang dikembangkan secara khusus karena kemampuanya menghasilkan susu dalam jumah besar. Sapi perah terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sapi Frissian Holstein (FH), anakan Frissian Holstein, Jersey, dan Brownswiss. Namun, yang umum di kembang biakan di Indonesia adalah sapi dengan jenis Frissian Holstein dan perakan Frissian Holstein. Umumnya sapi jenis tersebut di kembang biakan di daerah bersuhu rendah contohnya di daerah, seperti Lembang Jawa Barat, Kota Batu, Wonosobo, Dieng dan Boyolali. Sapi perah biasanya diperas susunya sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari dikarenakan pada pagi dan sore hari memiliki suhu udara yang tidak begitu panas. Hal tersebut berpengaruh pada kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan.

Sapi perah membutuhkan makanan yang berkualitas agar dapat menghasilkan susu berlimpah dan memiliki kualitas tinggi.Sapi perah juga salah satu jenis hewan dengan tingkat stress tinggi maka dari itu sapi perah  membutuhkan lokasi dan suhu yang cocok dengan jenis sapi perah tersebut. Pastinya bila sapi tersebut stress akan berpengaruh pada produksi susu dan kualitas susu tersebut pula menurun .

Sapi perah tidak hanya diternak oleh peternak tradisional sapi perah juga diternak di peternakan besar dengan menggunakan teknologi yang canggih disertai keamanan yang lengkap.Seperti contoh:Peternakan greenfields yang berlokasi di dataran tinggi malang yang memiliki populasi sebanyak 19.000 ekor.Dengan farietas sapi yang diternak berjenis Holstein dan Jersey pastinya kedua sapi tersebut memiliki perbedaan perihal ketahanan berdasarkan suhu,Holstein lebih suka suhu dingin,sementara Jersey tahan pada suhu panas.

Susu sapi perah adalah salah satu komoditas di bidang peternakan yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Seperti contoh,keju,yoghurt,susu pasteurisasi,biasanya susu hasil produksi sapi perah di olah menjadi susu pasteurisasi dan cara pembuatanya juga sangat mudah dari susu yang telah di ambil langsung dari sapinya. Setelah itu di lakukan pasteurisasi selama 10 menit dengan di aduk searah dari kanan ke kiri hingga agak mendidih biasanya juga dapat di campur dengan perasa makanan agar rasanya tidak terlalu hambar.

Susu sapi perah atau kita sebut susu sapi murni merupakan salah satu bahan pangan penting yang banyak dibutuhkan Masyarakat untuk mencukupi kebutuhan gizinya.Susu murni dari sapi perah sangat dikenal oleh banyak orang karena bisa dikonsumsi oleh segala usia.Sehingga susu murni terus mengalami peningkatan permintaan setiap tahunya.

Kabupaten boyolali contohnya salah satu daerah yang berada di wilayah provinsi jawa Tengah tersebut terdapat sentra produksi berbahan dasar susu sapi perah seperti dodol susu,yoghurt,eskrim dan juga keju.Produk turunan dari susu yang diolah agar susu sapi sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara maksimal tanpa ada yang terbuang.Pemanfaatan susu menjadi produk olahan dapat memperbesar potensi dan peluang dalam pengembangan ekonomi dan bisnis di kabupaten boyolali.

Salah satu olahan susu yang menjadi oleh oleh khas boyolali adalah dodol susu .Dodol susu berupa makanan yang berupa gel yang terbuat dari campuran bahan tepung beras ketan,beras,gula,dan bahan tambahan lainya seperti buah,susu atau bahan lainya seperti penmbahan bahan rasa  seperti selai buah.Karena tanpa pengawet buatan,dodol susu hanya bisa bertahan selama satu minggu saja.Dodol susu dijual dalam kemasan dus kotak seberat 250 gram,dan dihargai RP,10.000,00.Bisa didapat di berbagai toko oleh oleh di berbagai wilayah di Indonesia seperti halnya bandung,puncak dan sekitarnya.

Keju juga bahan pangan yang berbahan dasar susu dan di jaman  sekarang keju menjadi salah satu  bahan tambahan pangan yang sering digunakan misal sebagai topping berbagai makanan.Itu adalah salah satu cara menaikan nilai ekonomis susu tapi Kembali lagi pengolahan tersebut harus melewati rangkaian proses produksi yang lumayan Panjang dan salah satu prosesnya adalah melalui proses fermentasi .

Susu juga juga dapat digunakan menjadi bahan campuran pembuatan roti yang berfungsi sebagai cairan untuk melarutkan bahan bahan lain pada adonan roti selain memberikan kelembapan dan membantu pertumbuhan ragi.Susu merupakan emulsi lemak yang kandungan kalsiumnya berfungsi sebagai penopang elastisitas adonan sehingga membuat adonan mengambang lebih baik.Kandungan kasein atau protein dalam susu,juga dapat membantu memperkuat gluten pada kue berbahan terigu sehingga struktur kue atau roti menjadi lebih baik.

Susu sapi juga dapat diolah menjadi bahan masakan tradisional di berbagai daerah susu umum digunakan sebagai bahan masakan.seperti contoh keju meneer walaupun Namanya terkesan kebarat baratan jangan salah,keju meneer merupakan makanan hasil fermentasi susu sapi yang berasal dari daerah selo boyolali jawa Tengah.Dulunya ada warga belanda yang tinggal di daerah itu dan berkeinginan untuk mengembangkan potensi susu sapi di daerah tersebut. Seperti yang kita ketahui daerah boyolali merupakan daerah penghasil susu di Indonesia,lalu ia membuat produk keju dengan rasa yang sangat gurih.Keju meneer bisa tahan sekitar tujuh hari di perjalanan. Tetapi, susu sapi memiliki kelemahan yaitu salah satunya memiliki masa simpan yang pende, untuk mengatasi masalah tersebut Masyarakat dituntut untuk berinovasi agar memperpanjang masa simpan susu.Salah satu inovasi dari Masyarakat adalah menjadikan susu menjadi permen.permen susu addalah salah satu olahan susu untuk memperpanjang masa  simpanya sejenis permen yang dibut menggunakan bahan dasar susu dan gula.Susu yang digunakan untuk pembuatan permen adalah susu yang tidak memerlukan persyaratan mutu tinggi.oleh karena itu pembuatan permen susu merupakan salah satu alternatif pengolahan untuk memanfaatkan susu yang berkualitas rendah tetapi tidak pecah.            Pada umumnya pembuatan permen susu berdasarkan reaksi karamelisasi. Tujuan dari pembuatan permen susu adalah meningkatkan nilai ekonomis dari susu itu sendiri,mampu mengolah produk olahan yang tahan lama, untuk menambah cita rasa susu,dan memenuhi kebutuhan pasar saat ini. (*)