Polemik TPA Tlekung, Legislatif Minta Seluruh ASN Ikut Sosialisasi Warga

Dprd Kota Batu dan DLH saat melakukan hearing (ist)

MEMOX.CO.ID – Kacaunya masalah persampahan akibat dari penutupan TPA Tlekung terjadi karena masyarakat Kota Batu yang belum siap akan regulasi tersebut dengan dampak sejumlah oknum masyarakat nekat mbuang sampah di sembarang tempat. Hal ini membuat DPRD Kota Batu meminta seluruh ASN untuk ikut terjun melakukan sosialisasi dalam melakukan pemilahan sampah untuk mengentas masalah yang saat ini terjadi.

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu Khamim Thohari membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi pada Jumat (8/9/2023). “Kami harap pihak eksekutif bisa ikut membantu sosialisasi hingga ke tingkatbl RT dan RW. Di Kota Batu ASN-nya ada sekitar 3000 orang, jika misalkan setiap Jumat mereka digerakkan untuk sosialisasi ke RT/RW soal sampah. Kami yakin masalah persampahan akan bisa segera teratasi,” katanya Jumat (8/9/2023).

Politisi PDIP tersebut menginginkan usulan tersebut bisa segera ditindaklanjuti sebab permasalahan sampah di Kota Batu makin hari semakin parah dan jangan sampai Kota Pariwisata Batu malah jadi kota wisata sampah. Bahkan apabila diperlukan bisa segera dibuatkan surat edaran (SE) Walikota tentang sosialisasi tersebut kemudian diberikan sanksi agar semua ASN yang diterjunkan bekerja secara menyeluruh.

Terlebih, tempat-tempat yang jadi sasaran pembuangan sampah itu seperti pinggiran jalan, tanah kosong milik warga hingga yang terparah di aliran sungai. Dengan temuan tersebut, menurutnya Pemkot Batu perlu melakukan sosialisasi yang lebih masif agar masyarakat bisa sadar untuk melakukan pilah sampah serta tidak membuang sampahnya di sembarang tempat.