Petugas Yanlik Polisi Malang Kota Dibekali Pelatihan Komunikasi Yang Santun dan Efektif

MEMOX.CO.ID – Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Polresta Malang Kota menggelar seminar dan pelatihan komunikasi bagi anggota dan PNS yang bertugas dipelayanan publik agar lebih santun dan efektif, Selasa (06/08/2024)

Tujuan dari Seminar Menuju Pelayanan Publik Polri yang Prima Melalui “Etos Kerja Profesional Untuk Kinerja Unggul”di Ballroom Sanika Satyawada ini, untuk meningkatkan komunikasi seluruh personel yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Wakapolresta Malang Kota, AKBP Apip Ginanjar S.I.K M.Si, mewakili Kapolresta Kombes Pol Budi Hermanto S.I.K, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian integral dari program pembinaan personel.

“Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat. Kita harus mampu berkomunikasi dengan baik, santun, dan efektif,” tegasnya.

Apip menjelaskan bahwa program ini menyasar seluruh anggota, baik yang bertugas di kantor terpadu maupun di Polsek jajaran.

“Tujuannya agar seluruh anggota memiliki pemahaman yang sama tentang pentingnya etika dalam berkomunikasi, baik dalam hal tutur kata maupun gestur,” imbuhnya.

Masih Ballroom Sanika Satyawada, Dosen Pembimbing Lapangan Psikolog UIN, Dr. Retno Mangestuti, M.Si, dalam materinya menyampaikan bahwa masyarakat Kota Malang yang heterogen menuntut kualitas pelayanan yang lebih baik.

“Dengan meningkatkan kualitas etika dalam berkomunikasi, diharapkan pelayanan publik di Polresta Malang Kota semakin optimal,” ujarnya.

Senada dengan Retno, Ilhamuddin Nukman, S.Psi, M.A, Dosen Psikologi FISIP UB, juga menekankan pentingnya etos kerja yang profesional.

“Bekerja dengan etos kerja yang baik berarti kita bekerja dengan penuh tanggung jawab, disiplin, dan memiliki sikap yang positif,” jelasnya.

Ilhamuddin memaparkan beberapa perilaku kerja positif yang perlu dimiliki oleh setiap anggota, di antaranya altruisme, kesadaran, keutamaan warga negara, kesopanan, dan sportifitas.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya nilai-nilai fundamental seperti profesionalisme, keunggulan, pencapaian, dan kebaikan dalam bekerja.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, diharapkan petugas pelayanan di SPKT, SIM, SKCK dan layanan lainnya di Polresta Malang Kota dapat terus meningkatkan efisiensi, produktivitas dalam melayani masyarakat.(*).