Olahan Kelor Produk UMKM Bojonegoro Diminati Pengunjung Pameran Dekranas ke-44 di Solo

Olahan Kelor Produk UMKM Bojonegoro Diminati Pengunjung Pameran Dekranas ke-44 di Solo
Beragam Produk UMKM Bojonegoro di Pameran Dekranas Ke-44 di Pura Mangkunegaran Solo. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Produk unggulan UMKM Bojonegoro hasil  binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro menarik perhatian para pengunjung dalam Pameran Dekranas ke-44, Kamis (16/5/2024). Mereka antara lain tertarik dengan olahan kelor produk UMKM Bojonegoro.

Kegiatan yang dipusatkan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah ini diikuti ratusan stan UMKM dari Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, Ninik Susmiati menyampaikan, acara ini merupakan Puncak Perayaan Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas Pusat yang ke-44, dengan tema ‘Tumbuh Bersama, Memajukan Warisan Bangsa’.

Ninik Susmiati mengungkapkan Dekranasda terus konsisten menggandeng UMKM di Bojonegoro. Tujuannya agar produk UMKM lebih dikenal luas, diantaranya lewat pameran.

“Selain untuk memajukan kesejahteraan UMKM lokal Bojonegoro, melalui produk-produk UMKM Bojonegoro, baik batik, makanan olahan, maupun kerajinan kayu, kita berupaya untuk ikut melestarikan budaya bangsa. Ini sekaligus salah satu program Bapak Pj Bupati Adriyanto dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro,” tandasnya.

Dari sekian banyak stan yang ada di lokasi Pura Mangkunegaran, stan milik Dekranasda Kabupaten Bojonegoro cukup diminati pengunjung.

Salah satu pengunjung, Suwartini menuturkan ia tertarik dengan stan Bojonegoro karena sebagai pengobat kangen dengan Provinsi Jawa Timur.

“Saya tertarik produk olahan kelor dari stan Bojonegoro, selain unik saya kangen Jawa Timur,” tuturnya.

Dekranasda Bojonegoro memang konsisten mendukung keberadaan produk unggulan daerah. Hal itu terlihat dari beberapa kali mengikutsertakan dalam pameran level nasional. Selain pengenalan produk, kegiatan ini bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM di Bojonegoro untuk belajar dari daerah lain.

Stan pameran Dekranasda Bojonegoro dalam kegiatan Pameran Dekranas Ke-44 kali  ini membawakan produk unggulan khas daerah.  Diantaranya kerajinan kayu jati, batik painting, batik tulis dan ecoprint serta olahan makanan khas daerah Bojonegoro. (*/sgg)