Dekranasda Bojonegoro Kenalkan Produk Unggulan UMKM di Pameran Level Nasional

Dekranasda Bojonegoro Kenalkan Produk Unggulan UMKM di Pameran Level Nasional
Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro Dian Adiani Adriyanto. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Sebagai langkah mendukung produk UMKM ke level nasional, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro menggandeng pelaku UMKM untuk memamerkan produk unggulan lokal Bojonegoro. Produk UMKM tersebut ikut menyemarakkan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas yang ke-44, di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung Selasa (14/5/2024) hingga Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas yang ke-44 ini dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekaligus Pembina Umum Dekranas, Ibu Wury Ma’ruf Amin sebagai Ketua Umum Dekranas, para ibu kader Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), serta Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Masing-masing Dekranasda mengisi stan pameran produk unggulan daerah.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro Dian Adiani Adriyanto menyambut baik kegiatan yang diinisasi Dekranas pusat dalam mendukung tumbuh kembang UMKM di Indonesia. Oleh karena itu pihaknya terus mendorong para pelaku UMKM khususnya dari Bojonegoro dapat ikut serta memamerkan produk unggulan.

“Dengan kegiatan ini para pengrajin di Bojonegoro dapat melihat UMKM lain dan menjalin Kerjasama,” ujarnya.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM Bojonegoro, Seto Utoro, pengrajin batik asal Desa Kedungsari Kecamatan Temayang  berterimakasih atas kesempatan yang diberikan Pemkab Bojonegoro untuk turut serta dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah batik yang kami bawa sudah banyak laku. Tapi tidak hanya penjualan, dalam kesempatan ini saya banyak mendapatkan manfaat seperti kenalan dan inspirasi baru dari pelaku UMKM lain,”  tutur pemuda lulusan ISI Surakarta ini.

Seperti diketahui selain stan pameran dari beberapa kota dan kabupaten di Indonesia, kegiatan HUT Dekranas yang ke-44 ini juga dimeriahkan diskusi untuk peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM dan workshop. Kegiatan tersebut bertujuan untuk pembinaan bagi pengrajin, baik dari sisi desain, membuat kemasan, hingga branding produk. (*/sgg)