Harga Beras Kota Batu Naik

ilustrasi pedagang beras (ist)

MEMOX.CO.ID – Harga beras di Pasar Induk Among Tani Kota Batu semakin meninggi kareba harga yang sebelumnya berada diangka Rp 12 ribu perkilogram menjadi Rp 14 ribu perkilogram. Akibatnya, sejumlah pedagang pasar maupun toko sembako memilih untuk mengurangi pengambilan stok untuk didistribusikan ke masyarakat.

Salah satu pedagang beras di Pasar Induk Among Tani Kota Batu Siti Wasi’ah mengaku kenaikan harga pada beras terjadi di hampir semua merk. “Seperti beras merek Semar yang perlima kilogram semula Rp 60 ribu naik menjadi Rp 70 ribu. Sedangkan, beras Lahap yang awalnya Rp 62 ribu melonjak Rp 72 ribu perlima kilogramnya. Dari situ kami lara pedagang tidak berani ambil stok banyak karena harus menambahkan modal untuk pembeliannya.

Baca juga: Desa Wisata Kota Batu Ditekan Kembali Hidup

Terlebih kekhawatiran ketika mengambil stok yang banyak yakni ketika mengambil stok banyak namun tiba-tiba harga beras menjadi anjlok. Sehingga hal tersebut akan menjadi kerugian, terlebih meskipun harga beras naik namun daya beli masyarakat tidak menurun. Ketika disinggung terkait pasikan beras SPHP dan Bulog, ia mengaku mendapatkan jatah 2 Minggu lnsekali denhan 100 beras.

“Peminatnya cukup banyak karena harganya terjangkau yakni Rp 54 ribu perlima kilogram tidak semua toko sembako memiliki beras SPHP karena untuk bisa menjual beras SPHP ini harus melewati pendataan dari Bulog terlebih dahulu,” imbuhnya.

Selain di Pasar Induk Kota Batu, salah satu pemilik toko sembako di Jalan Pattimura, Kelurahan Temas Yuni Astutik mengaku bahwa kenaikan harga beras mulai naik perlahan sejak Agustus – September 2023. “Bahkan, harga beras bulan ini masih belum turun atau stabil, pembeli sampai marah-marah ke saya soal harga beras sekarang kok mahal. Meski harganya mahal, pembelinya masih stabil kok. Soalnya kan kebutuhan pokok karena akibat kenaikan harga beras tersebut harus mengambil tindakan terhadap pengambilan stok yang biasanya ambil 40 sak, sekarang cuma 30 sak beras,” tandasnya. (rul)