Berita  

Gratis, Polresta Malang Kota Siap Tampung Kendaraan Pemudik yang Pulkam

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi didampingi Kapolres Malang AKBP Kholis saat memberikan keterangan pers

MEMOX.CO.ID – Polresta Malang Kota siap menampung kendaraan yang mau dititipkan masyarakat pemudik yang mau pulang kampung (Pulkam) mudik lebaran secara gratis, Kamis (04/04/2024).

Seperti dikatakan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto adanya layanan tempat penitipan kendaraan gratis ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ingin meninggalkan kendaraannya di rumah saat mudik dan tidak perlu khawatir kendaraannya hilang.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, layanan penitipan kendaraan ini mengacu UU Nomor 2 tahun 2002 itu pasal 15 huruf M, ada barang titipan atau barang temuan, disitu polisi memiliki peran untuk menerima barang titipan dan temuan. Ini kami menggagas akan mulai membuat program tentang lost and found,” ungkap Kombes Pol BuHer (Sapaan akrab Budi Hermanto)

Sebagai instansi Polri Polresta Malang Kota siap melayani masyarakat khususnya di musim mudik, hal ini juga mencegah terjadinya laka lantas dan pencurian kendaraan.

“Tujuan kami selain melayani masyarakat, sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran serta mencegah terjadinya pencurian kendaraan selama mudik” ucap BuHer di Balai Kota Malang.

Polresta Malang Kota dan lima Polsek jajaran siap membantu masyarakat yang tidak memiliki tempat untuk menitipkan kendaraannya, sekaligus meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Kami berkoordinasi dengan Pemkot Malang, terkait lahan parkir, jika memang membutuhkan lahan yang lebih luas untuk menampung kendaraan warga Kota Malang yang dititipkan,” jelasnya.

Buher mempersilahkan warga kota Malang bisa menitipkan kendaraan dengan syarat surat-surat kendaraan (BPKB, STNK) dan mengisi formulir penitipan. “Silahkan persyaratannya dipenuhi, penitipan kendaraan sesuaikan dengan wilayah Polsek jajaran” terang Buher.

BuHer juga mengingatkan, kepada masyarakat yang mudik dengan meninggalkan rumah, agar melapor ke RT/ RW atau aparat setempat.

Dengan memanfaatkan layanan penitipan kendaraan gratis yang disediakan oleh Polresta Malang Kota menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran dengan aman dan nyaman. (*)