Tingkatkan Percepatan Layanan, Polresta Malang Kota Launching 3 Bus Layanan Publik

37
0
PERDANA: Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo dan Walikota Malang Sutiaji bersama masyarakat usai mendapatkan layanan perdananya SKCK di bus Arema Police Sobo Kelurahan.

Kapolresta Malang Kota: Upaya Pertahankan Predikat WBK dan WBBM dari Kemenpan RB

Kota Malang, Memox.co.id – Dalam rangka meningkatkan kecepatan dalam pelayanan publik. Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leonardus Simarmata, S.sos, S.I.K.MH melaunching tiga bus layanan publik, bus Arema Police Sobo Kelurahan, Simling (SIM Keliling) dan Samling (Samsat Keliling), Jumat (22/01/2021).

Selain melaunching tiga bus pelayanan publik, Polresta Malang Kota juga melaunching Aplikasi Jogo Malang yang terintegrasi dengan Panic Button. Masyarakat Kota Malang akan mendapatkan pelayanan secara online dan cepat serta tidak perlu mengantri, dengan hanya mendaftar menggunakan E-KTP.

KETERANGAN: Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo Simarmata saat memberikan keterangan pers.

Mulai dari pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) permohonan SIM (Surat Ijin Mengemudi) termasuk pelaporan kepolisian. Semua itu dapat diakses melalui aplikasi Jogo Malang menggunakan HP yang berbasis android.

Keberadaan bus Arema Police Sobo Kelurahan akan blusukan ke segala lapisan masyarakat untuk memberikan pelayanan lebih cepat dan dekat kepada masyarakat khusus untuk pembuatan SKCK dan pelayanan SPKT.

“Termasuk pelayanan bus Simling khusus untuk proses perpanjangan Sim A dan C yang juga dilengkapi dengan tes kesehatan dan psikologi serta mobil Samling pelayanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor.” ujar Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo Simarmata.

BEROPERASI: Pemecahan kendi oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo Simarmata dan Walikota Malang Sutiaji tanda mulainya beroperasinya bus layanan Simling.

Kombes Pol Dr. Leo juga menegaskan, kehadiran tiga bus layanan publik ini merupakan salah satu upaya Polresta Malang Kota untuk mempertahankan predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dari Kemenpan RB.

“Pada kesempatan ini juga kami meresmikan Gedung Wira Pratama (Command Center dan SPKT). Gedung Wira Pratama ini merupakan gedung yang memiliki beberapa fungsi. Di bagian bawah ada pelayanan SPKT dan di lantai dua berisi Command Center dan ruang rapat. Di samping gedung itu ada pos penjagaan dan tempat istirahat anggota. Gedung ini selesai dibangun pada November 2020 lalu.” terangnya.

PERESMIAN: Gedung Wira Pratama (Command Center dan SPKT) yang telah diresmikan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo Simarmata.

Hal senada disampaikan Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution. Ketiga bus pelayanan ini akan diletakkan di beberapa titik untuk menginventarisir permintaan masyarakat. Mulai dari perpanjangan SIM, pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan, SKCK hingga SPKT.

“Untuk sementara ini bus pelayanan publik ini akan beroperasi di jam tertentu di beberapa titik yang ada di Kota Malang. Seperti hari Selasa di Taman Krida Budaya dan hari Jumat di Stadion Gajayana pukul 08.00 sampai 11.00.” himbaunya.

SANTUNAN: Pemberian santunan kepada anak yatim piatu oleh Walikota Malang Sutiaji dan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leo Simarmata.

Dengan adanya bus pelayanan publik yang telah dilaunching, Polresta Malang Kota mendapat apresiasi dari Walikota Malang Sutiaji. Dirinya mengatakan ini bentuk nyata kalau kepolisian Polresta Malang Kota benar benar hadir ditengah masyarakat.

“Inovasi ini salah satu upaya dari pihak kepolisian Polresta Malang Kota untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, nyaman dan aman khususnya masyarakat yang ingin mengurus SKCK, perpanjangan SIM, pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor dan SPKT.” ujarnya.(fik)