Opini  

Stop Bilang “Ilmu Komunikasi” Hanya tentang Cara Berbicara Saja!

Sumber : Rawpixel-freepik

Oleh: Revi Nur Rahmania – Ilmu Komunikasi

MEMOX.CO.ID – Pada dasarnya Ilmu Komunikasi ialah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana proses penyampaian pesan hingga diterima oleh satu sama lain. Namun, yang perlu kita ketahui ilmu komunikasi tidak hanya mempelajari cara berbicara saja. Banyak cakupan di dalamnya yang membutuhkan skill lain. Ilmu Komunikasi ini bidang yang sangat luas, disaat kita sudah mempelajarinya. Di era digital dan globalisasi ini, ilmu komunikasi semakin penting dalam kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, informasi saat ini bisa tersebar dengan cepat.

Namun, yang harus kalian ketahui, Ilmu Komunikasi tidak hanya berhenti dicara belajar komunikasi saja. Di dalam Bidang Ilmu Komunikasi masih terbagi lagi kedalam berbagai peminatan, seperti public relations, journalism, audio visual, broadcasting dan masih banyak lagi. Untuk masuk dalam jurusan ilmu komunikasi bukan hanya menguasai dalam skill “jago ngomong” aja, melainkan kita harus memiliki skill lain. Seperti skill dalam editing, videografer, fotografer, menulis dan banyak lagi.

Kebanyakan orang awam, menganggap jurusan Ilmu Komunikasi hanya fokus dalam konteks komunikasi atau berbicara saja, padahal tidak hanya itu. Dalam jurusan Ilmu Komunikasi mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Mengapa jurusan Ilmu Komunikasi bukan hanya tentang “jago ngomong” saja? Mari Simak penjelasan berikut ini!

Di dalam Ilmu Komunikasi terdapat berbagai peminatan seperti journalism, public relations, audio visual dan masih banyak lagi. Jadi dibutuhkannya skill-skill lain dalam jurusan ini.

Journalism, dalam peminatan ini skill yang dibutuhkan mulai dari menulis, editing, public speaking. Seperti yang kita ketahui jurnalistik ialah mencari, mengumpulkan bahan berita,menulis berita, penyunting naskah  dan menyebarluaskan merita melalui media. Di dalam peminatan ini kalian dilatih untuk mencari, mengumpulkan, menyunting hingga menyebarluaskan berita hingga ke media.

Public Relations, dalam peminatan ini skill yang dibutuhkan pastinya public speaking. Di dalam peminatan ini, kita bisa belajar bagaimana cara menjalin hubungan dengan klien yang baik dan benar. Jadi di dalam public relations ini sangat dibutuhkan dalam keterampilan berbicaranya. Namun, bukan hanya asal berbicara saja melainkan menggunakan etika berbicara yang baik dan benar. Pastinya dalam berbicara ini juga membutuhkan kepercayaan diri.

Audio Visual, dalam peminatan ini skill yang dibutuhkan editing, vidiografer, menulis untuk membuat naskah dan masih banyak lagi. Karena dalam peminatan ini kalian akan diajarkan cara membuat film. Apalagi audio visual diera digital ini sudah sangat berkembang pesat. Dan harus mengikuti perkembangan zaman. Jadi kreatifitas yang tinggi disini sangat dibutuhkan.

Dari beberapa penjelasan peminatan di jurusan Ilmu Komunikasi di atas, kalian bisa mengetahui gambaran tentang jurusan Ilmu Komunikasi. Karena Ilmu Komunikasi sendiri bukan hanya berpatok soal tentang komunikasi atau berbicara saja. Namun, skill lain juga dibutuhkan. Dalam cara berkomunikasi sendiri bukan asal, melainkan ada etika yang harus diperhatikan. Jadi, untuk kalian yang punya skill selain “jago ngomong” jangan ragu lagi untuk masuk di jurusan Ilmu Komunikasi ini. (*)