Beranda Pemerintahan Soal Sampah Terapkan Standar Jepang

Soal Sampah Terapkan Standar Jepang

4
0

 

Malang, Memox.co.id – Walikota Malang, Sutiaji menyampaikan, kesadaran dari masyarakat untuk tak membuang sampah sembarangan adalah kunci yang paling utama dalam menanggulangi sampah. Sehingga, Kota Malang berkeinginan menerapkan standar hukum yang diterapkan Jepang. Sebagai salah satu negara terbersih di Asia.

“Ada banyak contoh sebenarnya untuk menanggulangi sampah. Kalau kita tiru Singapura, maka regulasinya akan sangat kuat dengan tekanan dan denda yang sangat besar bagi yang membuang sampah sembarangan,” terangnya, Rabu (4/3/2020) kemarin.

Namun Kota Malang menurutnya lebih memilih upaya penanggulangan sampah seperti di Jepang. Dimana masyarakatnya dididik dengan kebudayaan dan kebiasaan yang kuat, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Dia optimis, ketika kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dilakukan sejak dini maka akan berimplikasi sangat jauh. Sehingga, masyarakat akan mencintai lingkungannya dan menganggap tabu saat akan membuang sampah sembarangan dan menganggap itu sebagai perbuatan tercela.

“Kita ingin seperti Jepang tanpa ada denda tapi ada karakter yang dibangun sejak kecil,” tambahnya. (man/jun)