Beranda Peristiwa Riyayah Tidak Menyangka Diterima Baik oleh Warga

Riyayah Tidak Menyangka Diterima Baik oleh Warga

46
0

Peresmian Kampung Tangguh, Dengarkan Testimoni Pasien Sembuh Covid-19

Sidoarjo, Memox.co.id – Keseriusan menekan penyebaran pandemi Covid-19 di tingkat pedesaan dibuktikan masyarakat Kecamatan Balongbendo. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran 20 desa menjadi Kampung Tangguh Semeru. Salah satu desa yang menjadi Kampung Tangguh itu Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo.

Dalam peluncuran Kampung Tangguh Semeru ini dihadirkan salah satu pasien Covid-19 yang sembuh. Dia adalah Ny Riyayah. Ini pengakuannya saat memberi testimoni di hadapan Forpimda Sidoarjo dan Forpimka Balongbendo.

“Saya kerja di salah satu rumah sakit swasta. Saya tidak bertugas di bagian pelayanan, tetapi di bagian managemen. Itu artinya walaupun saya tidak bersentuhan langsung dengan pasien ternyata saya bisa positif Covid-19. Berarti, siapapun bisa terpapar. Jadi jangan khawatir. Kalau selalu menerapkan protokol kesehatan, Insya Allah dijauhkan dari Covid-19,” katanya, Selasa (16/06/2020) malam.

Caranya menangkal Covid-19, lanjut Riyayah saat keluar rumah harus selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak. “Sebenarnya saya pasien Covid-19 yang paling cepat sembuhnya. Hanya 2 minggu dirawat. Kesembuhan saya dapat dukungan keluarga, tetangga dan kerabat,” imbuhnya.

Dirinya juga masih khawatir setelah 2 minggu dinyatakan sembuh, bakal muncul lagi Covid-19. Karena itu, dirinya tidak bisa tidur semalam suntuk saat dinyatakan sembuh itu. Apalagi, saat melihat di televisi pasien Covid-19 yang sembuh dan balik pulang ke tempat asalnya dikucilkan. “Ketakutan ini terus dihantui rasanya mau runtuh. Alhamdulillah, ketakutan itu tidak terbukti. Setelah sembuh dan pulang, diluar dugaan ternyata begitu saya pulang langsung disambut baik lingkungan. Ini berkat dukungan warga, keluarga dan kerabat semua. Terima kasih warga Dusun Besok Desa Jabaran yang mau menerima saya dengan baik,” tandasnya.

Selain mendengarkan kisah pasien Covid-19 yang berhasil sembuh, acara peluncuran Kampung Tangguh Desa Jabaran ditandai dengan pemberian bantuan berupa paket sembako, Alat Pelindung Diri (APD). Juga disertai peresmian tempat  isolasi mandiri yang bisa menampung pasien Covid-19. (wan/ono)