Beranda TRIBRATA Polres Blitar Bersama Pemkab Blitar Gelar Apel Tanggap Bencana

Polres Blitar Bersama Pemkab Blitar Gelar Apel Tanggap Bencana

4
0

Blitar, Memox.co.id -Mengantisipasi cuaca ekstrim yang terjadi beberapa pekan ini, Polres Blitar bersama TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar menggelar apel tanggap bencana. Apel yang digelar dihalaman Mapolres Blitar, Senin (9/3/2020) ini menekankan lima hal dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrim.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, apel tanggap bencana ini merupakan bentuk kesiapan Polri, TNI dan BPBD dalam menghadapi bencana alam.

“Ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Blitar telah melakukan langkah antisipasi dalam menanggulangi bencana alam,” kata AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, Senin (9/3/2020).

Lebih lanjut Ahmad Fanani menyampaikan, apel tanggap bencana ini dibentuk untuk meningkatkan sinergitas antara Polri, TNI, dan Pemerintah Kabupaten Blitar, khususnya dalam menanggulangi bencana alam.

“Penanggulangan bencana alam ini bukan tanggung jawab Pemerintah daerah saja. Namun merupakan tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Fanani menambahkan, penanggulangan bencana alam tidak hanya dilakukan setelah terjadi bencana. Namun juga harus dilakukan pencegahan, seperti mendirikan posko bencana. Selain itu juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bencana alam dan bagaimana tips ketika ada bencana.

Nampak dalam apel tersebut, Kapolres Blitar didampingi Bupati Blitar dan Dandim 0808 Blitar melakukan pengecekan peralatan-peralatan tanggap bencana yang dimiliki baik Polri maupun BPBD.

“Pengecekan peralatan ini sangat penting dalam penangganan bencana alam. Apabila ditemukan kerusakan atau kekurangan bisa segera diperbaiki,” pungkas Kapolres Blitar. (jar/fik)