Beranda TRIBRATA Tekan Angka Laka Lantas, Satlantas Polres Blitar Dirikan Bioskop Edukasi

Tekan Angka Laka Lantas, Satlantas Polres Blitar Dirikan Bioskop Edukasi

4
0

Blitar, Memox.co.id  – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di jalan raya, Satlantas Polres Blitar membuat terobosan baru yaitu membuat Bioskop Edukasi. Bioskop yang menayangkan film produksi Satlantas Polres Blitar tentang dampak Kecelakaan lalulintas ini, wajib ditonton oleh setiap pemohon SIM.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya usai memberi penjelasan kepada pemohon SIM mengatakan, bioskop edukasi ini merupakan upaya Satlantas Polres Blitar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalulintas sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Bioskop edukasi ini salah satunya menayangkan testemoni keluarga korban laka lantas yang meninggal dunia akibat tidak mengklik kan helm saat mengendarai sepeda motor,” kata AKBP Ahmad Fanani, Senin (9/3/2020).

Lebih lanjut Ahmat Fanani menyampaikan, bioskop edukasi ini wajib ditonton setiap pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM)

“Sebelum SIM diberikan kepada para pemohon atau setelah pemohon melaksanakan ujian tulis maupun praktek. Para pemohon SIM wajib menonton bioskop ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalulintas,” jelasnya.

Fanani menambahkan, dalam bioskop edukasi ini, diceritakan tentang seorang petani jagung yang pergi menjual hasil panennya. Meski petani tersebut menggunakan helm, namun dia tidak mengklikkan pengaman helmnya. Pada saat perjalanan, melintas sekelompok pelajar yang berangkat sekolah tanpa menggunalan helm. Bahkan pelajar tersebut  mengendarai sepeda motor dengan cara ugal-ugalan, sehingga kecelakaanpun tidak bisa terhindari, yang berakibat korban meninggal dunia.

Sementara Indah, salah satu pemohon SIM dari Rejotangan Kabupaten Tulungagung mengaku, tayangan bioskop edukasi dari Satlantas Polres Blitar ini sangat bagus dan bermanfaat bagi para pengendara agar lebih berhati-hati saat mengendarai sepeda motor di jalan raya.

“Bioskop mini ini sangat mengedukasi. Setelah melihat tayangan di bioskop ini, sebagai seorang pengendara sepeda motor saya akan lebih berhati-hati. Selain itu, saya akan menghimbau kepada keluarga saya untuk lebih menjaga keselamatan berlalu lintas,” ujarnya. (jar/fik)