Pj Bupati Jombang Giat Bersih Sungai Sambil Naik Vespa

MEMOX.CO.ID – Pj Bupati Sugiat S.Sos., M.Psi., T. mengendarai dengan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Yayuk Dwi Irawanti Sugiat bersama Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD tilik desa untuk bersih sungai di Dusun Ngudi, Nglajur, Buduk, Desa Tugu Sumberjo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Sabtu (15/06/2024).

Tiba di lokasi, Pj Bupati Sugiat disambut oleh Camat Peterongan Moh Eryk Arif, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Tugu Sumberjo As’at, dan tiga Kepala Desa sekitar, Senden, Mancar, Ngrandulor, serta masyarakat setempat.

Pj Bupati Jombang Sugiat menyampaikan kali ini program Bulik Sospa Bupati yakni Tilik Desa Naik Vespa ke Kecamatan Peterongan. Kebetulan ada kegiatan warga bersih-bersih kali. Nanti dilanjutkan dengan pertemuan warga RT/RW di Kecamatan Peterongan dalam rangka diskusi menyerap aspirasi warga untuk membangun Jombang kedepannya.

Sebagai Kabupaten yang selalu meraih Adipura, Pemkab Jombang memiliki komitmen tinggi untuk menjaga lingkungan. Upaya menjaga lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri, namun perlu kolaborasi dengan masyarakat.

“Oleh karena itu, gotong royong dan guyub rukun adalah fondasi yang harus selalu kita pegang dalam kehidupan bermasyarakat. Kedua nilai ini menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman serta memperkuat ikatan sosial diantara kita,” ungkapnya.

Pj Bupati mengapresiasi semangat para warga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih sungai demi menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan bersih sungai ini adalah bukti nyata bahwa semua unsur masyarakat Jombang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

“Sungai adalah sumber kehidupan, dan menjaga kebersihannya adalah tanggung jawab kita bersama,” terangnya.

Selain bersih sungai, Pj Bupati Sugiat juga membuka tanya Jawab dalam rangka serap aspirasi. Kegiatan ini sangat penting karena dapat mendengar langsung suara dan aspirasi dari masyarakat, RT/RW, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kecamatan Peterongan, seperti halnya kecamatan lain, tentu memiliki tantangan dan permasalahan tersendiri.

Oleh karena itu, Pj Bupati yang menjalankan amanahnya sebagaimana dengan harapan masyarakat yakni tegas, bersih dan responsif ini, ingin memastikan bahwa setiap aspirasi dan saran yang disampaikan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan yang lebih baik.

“Saya berharap melalui forum ini, dapat menemukan solusi bersama atas berbagai permasalahan yang ada, serta menguatkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan Jombang yang lebih baik,” harapnya.

Sedangkan partisipasi aktif dari masyarakat adalah kunci utama dalam pembangunan daerah. tanpa masukan dan dukungan masyarakat, segala program yang direncanakan oleh pemerintah tidak akan dapat berjalan maksimal.

“Saya mengajak seluruh warga untuk tidak ragu-ragu menyampaikan aspirasinya baik itu berupa kritik, saran, inovasi, terlebih lagi untuk kemaslahatan masyarakat,” tandasnya. (wis)