Opini  

Peran Peternakan bagi Perekonimian Indonesia

Ridho Mutaali

Oleh: Ridho Mutaali, Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang

MEMOX.CO.ID – Peternakan di Indonesia telah memberikan peran cukup besar bagi perekonomian secara keseluruhan.Permintaan akan produk peternakan meningkat dari tahun – ketahun sejalan dengan kebutuhan gizi masyarakat. Pangan berupa produk peternakan adalah daging,susu dan telur yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Susanti, 2015). Sektor peternakan di Indonesia telah memberikan peran yang cukup besar dalam perekonomian secara keseluruhan. Permintaan akan produk peternakan meningkat dari tahun ketahun sejalan dengan semakin meningkatnya tingkat kesadaran gizi masyarakat. Pangan yang berupa produk peternakan terutama adalah daging, susu dan telur yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Peternakan mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan setidak-tidaknya dalam hal strategis yaitu yang pertama peternakan untuk menyediakan pangan terutama untuk memenuhi kebutuhan rakyat akan protein hewani,kedua peternakan untuk sumber pendapatan dan kesempatan kerja,ketiga peternakan untuk usaha pertanian yang berkelanjutan dan perbaikan lingkungan hidup, dan keempat peternakan untuk pengentasan masyarakat dari kemiskinan.Setiap peternak memiliki kemampuan usaha yang berbedabeda baik dari segi kepemilikan lahan, modal, kepemilikan ternak serta sistem pengelolaan yang menyebabkan adanya perbedaan tingkat pendapatan usaha yang diterima setiap peternak.   

Tanah  Air  Indonesia  mempunyai  potensi  yang  sungguh-sungguh  besar didalam bidang peternakan, sebagai karunia Tuhan yang wajib kita syukuri dan didayagunakan,    sehinga dicapai manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan  rakyat.Indonesia, dengan keberagaman alam dan budaya, memiliki sektor perternakan sebagai salah satu pilar utama dalam perekonomiannya. Pengertian itu mengandung makna, bahwa penggalian potensi hewani selain untuk keperluan hidup juga untuk membuka lapangan kerja baru terutama bidang produksi. (Subekti,2008).Indonesia,dengan kekayaan alamnya yang melimpah,telah lama dikenal sebagai negara agraris.Diantara sektor pertanian yang penting,peternakan memiliki peran krusial dalam mengkokohkan perekonomian indonesia.Melalui kegiatan ini,tidak hanya kebutuhan protein hewani terpenuhi,tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap berbagai aspek ekonomi.

Peternakan di Indonesia pada umumnya masih berupa peternakan rakyat  dengan  ciri  usaha  skala  kecil  dengan  manajemen  pemeliharaan  yang masih  tradisional,  sehingga  belum  mampu  secara  optimal  dalam  berperan sebagai usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat. Secara ekonomi ternak merupakan sumber usaha dan lapangan pekerjaan yang bisa menghasilkan devisa buat negara dan pendapatan buat masyarakat. Secara politik produk hasil peternakan berupa daging, susu, telur dan kulit merupakan komoditi yang bisa mendorong hubungan bilateral perdagangan dan industri antar negara. Oleh karena itu bidang peternakan merupakan salah satu bidang yang mewujudkan kemerdekaan Indonesia, baik dalam mensejahterakan masyarakat melalui pemenuhan sumber pangan dan dapat juga dijadikan sumber pendapatan untuk memerdekakan rakyat dari kemiskinan.Dalam bidang ekonomi, peternakan memiliki kontribusi yang tak terelakkan. Dengan meningkatnya produksi daging, susu, telur, dan produk peternakan lainnya, sektor ini memberikan sumbangan signifikan terhadap pendapatan negara dan penciptaan lapangan pekerjaan. Pertumbuhan sektor peternakan menciptakan peluang ekonomi baru, memacu aktivitas usaha kecil dan menengah, serta menghidupkan perekonomian di berbagai wilayah Indonesia. Namun, peran peternakan tidak terbatas hanya pada aspek ekonomi. Dalam konteks keamanan pangan, peternakan memegang peranan penting dalam menyediakan pasokan pangan yang stabil dan terjamin. Kemerdekaan berarti mampu mengendalikan produksi pangan secara mandiri, mengurangi ketergantungan terhadap impor, serta menjaga kedaulatan pangan bangsa. Melalui upaya diversifikasi pangan dan pengembangan jenis pangan yang lebih bernilai gizi, peternakan juga turut berkontribusi dalam mengatasi masalah gizi buruk dan pola makan yang kurang seimbang.Selain itu, peran peternakan membentang hingga ke lapisan masyarakat pedesaan.Peternakan membuka peluang usaha bagi masyarakat pedesaan yang mayoritas tergantung pada sektor pertanian. Dengan demikian, sektor ini berperan dalam pengembangan wilayah pedesaan dan mendorong pemerataan ekonomi, serta mengurangi laju migrasi penduduk ke perkotaan. Di samping itu, peternakan juga menjalankan fungsi sosial dengan menyerap tenaga kerja lokal dari berbagai lapisan masyarakat, mengurangi angka pengangguran, dan memberikan alternatif mata pencaharian yang berkelanjutan.

Peternakan memegang peranan penting dengan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, dan kesejahteraan masyarakat .Peran tersebut antara lain yaitu menciptaan lapangan kerja,pertumbuhan sektor peternakan juga berarti peningkatan peluang kerja. Peternakan skala besar hingga peternakan skala kecil memberikan pekerjaan bagi ribuan orang di seluruh negeri dan tentu saja dapat menurunkan tingkat pengangguran yang ada di Indonesia .Tidak hanya mencakup pekerjaan langsung di peternakan, tetapi juga pekerjaan terkait seperti distribusi, pengepakan, dan penjualan produk peternakan.Ketahanan Pangan dan Keamanan Pangan.Peternakan memainkan peran sentral dalam menyediakan sumber protein hewani yang esensial bagi populasi Indonesia. Dengan populasi yang terus berkembang, ketersediaan protein menjadi krusial untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Peternakan juga berkontribusi pada keamanan pangan, mengurangi ketergantungan pada impor dan memastikan pasokan pangan yang stabil.Diversifikasi Ekonomi di Pedesaan Sektor peternakan seringkali menjadi tulang punggung ekonomi di pedesaan. Banyak petani yang beralih ke peternakan untuk mendiversifikasi sumber pendapatan mereka. Akibat dari itu dapat membantu meningkatkan ketahanan ekonomi di tingkat lokal dan mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi harga komoditas pertanian.Peternakan bukan hanya sebatas aktivitas ekonomi, tetapi juga berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan. Memahami peran peternakan dalam perekonomian Indonesia, kita dapat mengidentifikasi potensi pertumbuhan, tantangan, dan peluang yang dapat dikelola untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.Memperkuat sektor peternakan, Indonesia dapat melangkah maju sebagai kekuatan ekonomi yang berdaya saing di tingkat global.Peternakan membuka peluang usaha bagi masyarakat pedesaan yang mayoritas tergantung pada sektor pertanian. Dengan demikian, sektor ini berperan dalam pengembangan wilayah pedesaan dan mendorong pemerataan ekonomi, serta mengurangi laju migrasi penduduk keperkotaan.Peternakan juga menjalankan fungsi sosial dengan menyerap tenaga kerja dari berbagai lapisan masyarakat, mengurangi angka pengangguran, dan memberikan  mata pencaharian yang berkelanjutan. (*)