Musrenbang-RKPD Situbondo, Bung Karna Tekankan Kenaikan IPM

24
0
Musrenbang-RKPD Situbondo, Bung Karna Tekankan Kenaikan IPM
Musrenbang-RKPD tahun 2022 berlangsung di aula Graha Wiyata Praja lantai 2 Pemkab Situbondo, Kamis (25/3/2021).

Situbondo, Memox.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang-RKPD) tahun 2022 berlangsung di aula Graha Wiyata Praja lantai 2 Pemkab Situbondo, Kamis (25/3/2021).

Bung Karna, panggilan akrab Bupati Situbondo menekankan, dalam Musrenbang ini terdapat sejumlah hal yang menjadi fokus utama. Di antaranya, upaya menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), peningkatan pertumbuhan, dan menurunkan angka kemiskinan.

“Ini semua berdasar kan tema dari pada RKPD tahun 2022, yakni penguatan Infrastruktur, pertanian dan pariwisata di Situbondo,” katanya.

Ia menerangkan, rangka peningkatan IPM ada beberapa yang menjadi evaluasi kepala biro administrasi Provinsi Jawa Timur. Di antaranya yakni angka rata-rata lama sekolah, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta perihal stunting.

“Kemudian jambanisasi terkait program ini barangkali mulai sekarang jadi perhatian kita. Agar IPM bisa naik,” ujarnya.

Namun demikian, Bung Karna meminta perencanaan ini pun juga harus selaras dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Yaitu terwujudnya masyarakat Situbondo yang Berjaya (Berakhlak, Sejahtera, Adil dan Berdaya).

Sementara itu Ketua DPRD Situbondo, Edy Wahyudi SE menuturkan, di dalam dokumen pokok-pokok pikiran DPRD yang diserahkannya itu. Ada beberapa hal yang dirumuskan beberapa program prioritas daerah.

“Kami berharap agar pokok pikiran DPRD dengan beberapa prioritas bisa dijabarkan eksekutif menjadi program dan kegiatan sesuai dengan visi pembangunan daerah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Nyai Hj Khoirani, Kapolres AKBP Ach Imam Rifai SH SIK M PICT M ISS, perwakilan Kodim 0823 yang diwakili oleh Kasdim 0823 Situbondo, Kepala Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, sejumlah pimpinan DPRD, serta Kepala OPD. (her/im/mzm)