Mappilu PWI Probolinggo Raya Resmi Daftar ke Bawaslu

Mappilu Probolinggo Raya saat mendaftar ke Bawaslu Kota Probolinggo.
Mappilu Probolinggo Raya saat mendaftar ke Bawaslu Kota Probolinggo. (foto:hud)

MEMOX.CO.ID – Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Probolinggo Raya resmi mendaftar sebagai lembaga pemantau ke Bawaslu Kota Probolinggo, Kamis (23/11/2023). Pendaftaran ditandai dengan menyerahkan SK kepengurusan dan formulir pendaftaran kepada Komisioner Bawaslu Ade Nur Wahyudi. Pengurus Mappilu yang hadir terdiri dari Penanggung Jawab HA Suyuti, Ketua Mappilu Ahmad Faisol, pengurus M. Hisbullah Huda dan Edi Sunarko.

Ketua Mappilu PWI Probolinggo Raya Ahmad Faisol mengatakan bahwa Mappilu akan memantau seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Probolinggo dengan dana mandiri.

“Sedikitnya ada 15 pengurus Mappilu yang akan melakukan pemantauan. Mappilu sebagai lembaga pemilu yang terakreditasi, mengambil peran dalam menyukseskan pemilu yang demokratis, jujur dan adil,” ujar Ahmad Faisol.

Dengan didaftarkannya, kata Ahmad Faisol, diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pemantauan, khususnya pelanggaran Pemilu 2024 di Kota Probolinggo secara independen dan objektif.

 ”Bawaslu merupakan mitra strategis dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Adanya Mappilu ini kami ingin nantinya sama-sama menjadi mitra strategis dalam proses pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,”tandasnya.

Dengan didaftarkanya, bersama Bawaslu bisa dilanjutkan dengan pemberian penguatan terhadap aktivitas pengawasan Pemilu dengan pembekalan literasi tentang Pemilu kepada anggota Mappilu Probolinggo Raya.

“Apa yang akan dilakukan Mappilu Probolinggo Raya tidak keluar dari rel aturan hukum Pemilu. Dengan begitu anggota Mappilu  bisa bertugas secara optimal sebagai salah satu kepanjangan tangan dan mitra Bawaslu,”ucap Ahmad Faisol.