Mahasiswa PMM UMM Ajak Siswa MI Islamiyah Muhammadiyah Sumberberas Kenali Diri dan Bakat dengan Materi Edukasi “Who Am I?”

MEMOX.CO.ID – Senantiasa berupaya memberikan kontribusi bagi masyarakat, mahasiswa PMM UMM kelompok 33 gelombang 04 tahun 2024 ajak siswa/I kelas 6 MI Islamiyah Muhammadiyah Sumberberas, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi untuk kenali diri dan bakat dengan materi edukasi “Who am I?” pada Senin pagi, 22/01/2024.

Mengenal apa itu PMM UMM

Kegiatan PMM merupakan suatu program kegiatan pengabdian masyarakat yang wajib ditempuh oleh mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Program ini berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (DPPM) UMM. Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh kelompok 33 gelombang 04 PMM Bhaktiku Negeri tahun 2024 di MI Islamiyah Muhammadiyah Sumberberas, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Siswa/I kelas 6 MI Islamiyah Muhammadiyah Sumberberas, Muncar sedang mengikuti kegiatan edukasi “Who am I?” yang diadakan oleh mahasiswa PMM UMM kelompok 33 gelombang 04 tahun 2024, di aula utama Masjid MI Islamiyah Muhammadiyah (22/01/2024)

Kelompok ini Beranggotakan 5 mahasiswa aktif yaitu: M. Rakhan Abrar Yudhistira sebagai Koordinator Pelaksana, Adinda Fitri Annisa (Sekretaris), Salsabila Clarissa (Bendahara), M. Ihyan Hakim (Humas), dan Bellaa Ninsiy Aqnaa Nafasa (Multimedia) dengan dibawah bimbingan Muslikhati, S.E., M.E., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan Edukasi “Who Am I?” Ini Diriku dan Bakatku

Pembentukan karakter dimulai dengan mengenali dan memahami diri sendiri. Terlebih lagi, pada fase pembentukan karakter dan perkembangan diri pada anak SD/MI, proses ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Seperti diantaranya mengenai seputar biodata diri siswa, kegiatan yang disukai atau diminati (hobi), seputar keterampilan siswa, keinginan atau cita – cita, dan lain sebagainya. Terutama pada siswa/i kelas 6 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kemampuan mengenal diri sendiri dan komunikasi yang baik menjadi aspek penting dalam perkembangan anak SD/MI. Oleh karena itu, tema program kegiatan PMM kelompok 33 gelombang 04 tahun 2024 adalah ‘Ini Diriku dan Bakatku’ dengan materi edukasi “Who am I?”. Kegiatan ini dilaksanakan di aula utama Masjid Sumberberas dengan diikuti oleh Siswa & Siswi kelas 6 (kelas AR. Fachruddin dan kelas Buya Hamka) MI Islamiyah Muhammadiyah Sumberberas, Muncar.

Yayan selaku MC kegiatan, menyampaikan susuan kegiatan kepada para audiens sekalgius membuka kegiatan dengan do’a