Hukum  

Laka Kerja di CV Citra Manunggal Desa Kebonagung Terindikasi Unsur Pidana

Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah. (Foto:nif).

MEMOX.CO.ID – Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah mengatakan, kecelakaan kerja di bengkel konstruksi mesin CV Citra Manunggal Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu berpotensi ada unsur pidananya.

Pernyataan ini disampaikan AKP Gandha Syah Selasa (25/6/2024) sore setelah memeriksa tujuh orang saksi antara lain empat orang dari CV Citra Manunggal, dan tiga orang dari keluarga korban.

Gandha mengatakan, penyidik saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, serta akan mengagendakan pemeriksaan dari saksi ahli dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Penyidik menyimpulkan berdasarkan dengan hasil olah TKP, barang bukti barang bukti yang diamankan, kemudian dari keterangan-keterangan saksi, penyidik melakukan gelar perkala dan menyimpulkan perkara ini sudah dalam tahap penyidikan,” ujarnya.

Pasal yang diterapkan di sini adalah Pasal 359 KUHP tentang kealpaan. Kemudian ada berapa tersangka nantinya yang akan ditetapkan Satreskrim Polres Malang, juga masih didalami.

Sebagai informasi, ST (71), warga Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, meninggal dunia setelah terjepit mesin bubut saat bekerja di bengkel konstruksi mesin.

Saat itu, ST, yang baru bekerja selama kurang lebih 6 bulan, bekerja sebagai operator mesin bubut di CV Citra Manunggal. Ia sedang melakukan aktifitas bersama pekerja lain pada Sabtu (22/6/2024) sekitar pukul 08.00 WIB.

“ST saat itu sedang membuat peralatan mesin bor besar untuk digunakan sebagai alat pertanian pengolah tanah,” kata Kasi Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara.

Namun, tiba-tiba ST telah terjepit mesin bubut. Kemudian karyawan lain segera mematikan mesin. Namun, saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia akibat tergilas mesin pertanian. (nif)