KPU Tulungagung Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 dalam Kondisi Rusak

RUSAK: KPU Tulungagung temukan ratusan surat suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak

MEMOX.CO.IDKomisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menemukan adanya ratusan surat suara dalam kondisi rusak, kerusakan surat suara tersebut saat proses sortir dan lipat surat suara untuk Pemilu 2024, Selasa (16/01/2024).

Ketua KPU Tulungagung Susanah mengatakan, kerusakan yang terjadi bermacam-macam. Mulai dari surat suara yang terbelah menjadi dua bagian, hingga pemotongan surat suara yang tidak tepat.

Ratusan surat suara Pemilu 2024 yang rusak tersebut akan dilaporkan ke sistem informasi logistik (Silog) untuk dimintakan pengganti ke KPU pusat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, proses setting packing dan distribusi seluruh logistik pemilu idealnya bisa dilaksanakan H-30 pencoblosan. Tapi, hingga Minggu (14/01/2024), belum semua logistik datang ke Tulungagung sehingga proses setting packing belum dilakukan apalagi didistribusikan.

”Antara hari ini sampai akhir Januari mungkin semua logistik sudah datang. Sehingga pada awal Februari, proses setting packing dan distribusi bisa dilaksanakan karena waktunya juga sudah semakin mepet,” ucapnya.

Perlu diketahui untuk proses sortir lipat di Tulungagung, menurut dia, sudah mulai dilakukan pada Selasa (9/1). Saat ini, sudah menyelesaikan surat suara untuk DPRD Kabupaten.

Sedangkan untuk prosesnya sudah memasuki sortir lipat untuk DPRD Provinsi. Setidaknya sudah ada 245 ribu surat suara DPRD Provinsi yang sudah dilakukan sortir lipat.

”Ini masih panjang, sementara sampai Sabtu (13/1), tidak sampai 200 surat suara yang rusak untuk DPRD Provinsi. Belum kita rekap semuanya, nanti kalau sortir lipatnya sudah selesai baru akan kita rekap,” ungkapnya. (*)