Kini BUMDes Bisa Dirikan SPBU Pertamina Berbasis Desa

22
0
Pertashop Sumberpakem. (sam)

Bondowoso, Memox.co.id – Pemerintah Desa boleh menggunakan DD (Dana Desa) untuk mengembangkan usahanya melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) mendirikan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina berbasis desa, yang diberi nama Pertashop.

Pertashop berbeda dengan Pom Mini yang sekarang menjamur di Kota Tape ini. Pertashop merupakan penyalur resmi BBM (Bahan Bakar Minyak) dari Pertamina. Harga dan kualitasnya sama dengan Pertamina.

Untuk membuka Pertashop, mekanismenya sangat sederhana. Pemerintah Desa menyiapkan lahan dan desain. Sarana dan Prasarana, mulai dari tabung hingga mesin pompa disediakan Pertamina. Hasilnya 100 persen ke BUMDes, dengan catatan harus kulakan ke Pertamina.

Salah satunya, yang menangkap peluang bisnis ini adalah Kepala Desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan, Mulyadi. “Saya berharap, dengan dibukanya Pertashop di Desa Sumber Pakem bisa mendongkrak perekonomian di Desa kami. Dan ini mungkin masih yang pertama di Bondowoso,” kata Mulyadi pada wartawan kemarin.

Dijelaskan, Pertashop merupakan program kemitraan Pemerintah Desa dengan Pertamina. Unit usaha ini menyediakan BBM jenis Pertamax, dan bisa dikembangkan dengan penjualan elpiji dan minyak pelumas. Kalau usaha ini lancar, lanjutnya, insyaallah akan diikuti oleh Bumdes yang lain.

Dan ini membantu warga agar tidak mengantri saat membutuhkan BBM. Apalagi pada saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Ditambahkan, peluang usaha ini harus segera ditangkap oleh Kades. Karena disamping mengentas pengangguran juga bisa dijadikan salah satu sumber penadapatan APBDes.

Dengan hadirnya Pertashop di sejumlah desa, menguntungkan konsumen, khususnya warga setempat. Kualitas tidak diragukan, takarannya pas, dan harganya sesuai HET Pemerintah. (sam/mzm)