Bupati Jember Ingatkan Potensi Penyebaran Covid-19 Saat Mudik Lebaran

37
0
Bupati Jember Ingatkan Potensi Penyebaran Covid-19 Saat Mudik Lebaran
Apel tersebut sekaligus membuka secara resmi Operasi Ketupat 2021 di Kabupaten Jember.

Jember, Memox.co.id – Polres Jember menggelar apel kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Mapolres, Rabu (5/5/2021). Apel tersebut sekaligus membuka secara resmi Operasi Ketupat 2021 di Kabupaten Jember. Bupati Jember Hendy Siswanto mempimpin langsung dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan bupati menyebutkan adanya kenaikan tren positif covid-19 sebesar 2,30% dari masa sebelumnya. “Pemerintah melarang mudik tentu ada alasannya,” dikatakan olehnya.

Berdasar pengalaman tahun lalu, ada kenaikan jumlah pemudik saat menjelang Idul Fitri. Hasil survey dari Dinas Perhubungan menyebutkan akan ada 81 juta orang akan bergerak jika arus mudik diijinkan. Meski dilarang pun diperkirakan masih ada 17,5 juta orang berusaha akan mudik.

“Kasus Covid-19 harus kita waspadai dan jangan lengah, contoh India. Di sana sekitar 400 ribu kasus perhari dan sekitar 3.500 meninggal perhari,” kata Bupati Hendy membacakan sambutan Kapolri.

Selain Bupati, apel pasukan dihadiri Kapolres AKBP Arif Rachman Arifin, Wakapolres Kompol Kadek Ary Mahardika, Dandim 0824/ Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kepala Kemenag Kantor Jember Muhammad, Kepala Cabang Jasa Raharja Kantor Cabang Jember Teguh Alfriyanto, Kepala BPBD Kabupaten Jember, Kepala Sat Pol PP Pemkab. Jember.

Operasi Ketupat 2021 akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 berlaku di seluruh wilayah hukum Indonesia. (tog/mzm)