Belanja Produk Lokal Triwulan ke 3 Capai Rp26 Miliar

UMKM Kota Batu saat dikunjungi Pemkot Batu
ilustrasi UMKM Kota Batu saat dikunjungi Pemkot Batu (ist)

MEMOX.CO.ID – Upaya Pemkot Batu dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batu menorehkan hasil yang cukup fantastis. Hal ini dibuktikan dengan nilai belanja produk lokal pada triwulan ke 3 mencapai Rp 26 miliar.

Hal ini ditegaskan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai ketika dikonfirmasi pada Minggu (29/10/2023). “Kami terus menggelorakan seluruh OPD di Pemkot Batu untuk sukseskan gerakan bangga membeli dan memakai produk UMKM dan Ekonomi Kreatif Kota Batu (lokal.red). Terlebih kebijakan itu sejalan dengan instruksi Presiden RI bahwa alokasi anggaran pembelanjaan produk lokal oleh OPD lewat E-katalog minimal 40 persen,” katanya.

Baca juga: Potensi Banjir Pusat Kota Batu Trotoar Pangsud Mulai Dikerjakan

Upaya yang didukung dengan penggunaan E-katalog lokal Kota Batu tersebut telah dilakukan oleh Pemkot Batu sejak tahun lalu karena transaksional pembelanjaan melalui E-katalog semua produk UMKM lokal bisa masuk dan menghindari transaksi secara langsung. Pemkot bahkan berkomitmen untuk bagaimana mendekatkan masyarakat dengan transaksi yang lebih jelas dan tidak ada lagi masyarakat yang terpinggirkan karena semua produk bisa masuk E-katalog.