11 Warga Bersaing Isi Lowongan Perangkat Desa Pagedangan

23
0
Kepala Desa Pagedangan, Kecamatan Turun Surono,H.Hasan Sekdes,Panitia,Peserta Seleksi dan Suryanto Kasi Pemerintahan Kecamatan Turen. (memo x/sur)

Malang, Memox.co.id – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan perangkat desa berada pada Kepala Desa. Namun pelaksanaan wewenang tersebut tentunya harus sesuai dengan mekanisme yang telah diatur.

Seperti seleksi calon perangkat yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pagedangan Kecamatan  Turen Kabupaten Malang Senin( 29/3/2021) kemarin.  Kepala Desa Pagedangan Surono menjelaskan, awalnya,seleksi calon perangkat desa ini diikuti oleh sebanyak 12 orang orang,tetapi  satu orang gagal karena kelengkapan administrasi.

“Jadi seleksi calon  perangkat desa Pagedangan hari ini diikuti oleh 11 orang kandidat,dan itu untuk menggantikan 4 orang perangkat yang sudah masuki masa purna tugas,” terang Surono.

 Dikatakan Surono, kekosongan jabatan perangkat desa ini terhitung sejak bulan Januari 2021 lalu. Seperti Kepala Seksi (Kasi) pelayanan/kepetengan, Kasi Perencanaan pembangunan/kuwowo dan dua Kepala yaitu Dusun Bokor dan Supiturang.

“Untuk Kasun Supiturang yang sebelumnya dijabat oleh H. Hasan.Tetapi,karena nama tersebut saat ini menduduki jabatan Sekdes,salah satu peserta seleksi yang difasilitasi langsung  oleh Muspika Turen ini juga untuk pengganti Kasun Supiturang,”  tambah Surono.

 Masih kata Kades yang jabatannya hampir masuk dua periode ini,seleksi calon perangkat ini meliputi beberapa item, seperti, ujian tulis, komputer, interview bahkan pidato.  “Karena  yang bakal ia hadapi itu ribuan masyarakat,sehingga kami belajar melatih mental seorang calon perangkat, agar dalam menghadapi masyarakat nanti bisa enjoy serta memberi pelayanan yang sangat prima,” ulasnya.

 Hal yang tak kalah penting,imbuh Surono,seorang perangkat juga harus faham dengan Informasi dan Transaksi Elektronik(ITE),sehingga dalam memberikan pelayanan di era komputeranisasi di desa berpenduduk 11.000 jiwa ini bisa berjalan dengan maksimal.

 Disinggung mengenai hak ke-empat orang perangkat baru nanti?,tandas Surono,setelah dilantik nanti,mereka berhak menerima Siltap tunjangan dari DD maupun ADD tahap pertama. “Yang  kita laksanakan dalam seleksi perangkat ini sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku,seperti halnya persyaratan, minimal berijazah SLTA dengan usia sedikitnya 20 tahund an maksimal 42 tahun.Untuk proses awal,kami dapat  dukungan sepenuhnya dari  masyarakat dan terbuka untuk umum,” pungkasnya.

Sementara itu,Kasi Pemerintahan Kecamatan Turen Suryanto berharap,perangkat  desa  yang baru nanti agar dapat membawa nama baik Desa Pagedangan,kedepan lebih maju dan lebih baik. “Nama-nama yang dinyatakan lulus dalam seleksi nanti,kedepan dapat menjalin hubungan baik antara pemerintahan desa dengan masyarakat, sehingga ada satu komunikasi antara masyarakat dengan perangkat desa,” tandasnya. (sur/man)