Hukum  

Wisata Sumber Gentong Dukung PADes Rp35 Juta

Wisata Sumber Gentong Dukung PADes Rp35 Juta
Wisata Sumber Gentong Dusun Gentong, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. ((foto:iki)

MEMOX.CO.ID – Wisata Sumber Gentong di Dusun Gentong, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang berhasil menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 35 juta dalam setahun. Itu lebih besar dari tahun 2022 lalu yang hanya menyumbang Rp18,5 juta.

“Tahun ini kurang paham. Karena tahun ini ada penurunan setoran pajak daerah sebesar 10 persen. Sebelumnya 20 persen harus kami setorkan,” kata Khusnol Khotimah pengelola Sumber Gentong saat ditemui kemarin.

Namun, rencana tahun 2024 ini, tim pengelola akan membangun beberapa area wisata baru. Seperti tempat bermain anak, kemudian prosotan atau yang dikenal playford dan juga Pendopo.

Katanya, pendopo yang sudah ada ini akan diperluas supaya bisa dipakai berkegiatan.

“Ngarepin uang BUMDes turun tidak terlalu banyak untuk benahi ini,” katanya.

Bayangin, tahun 2023 lalu, Khusnol Khotimah menyebut uang BUMDes turun untuk perbaikan wahana hanya turun sebesar Rp95 juta saja. Padahal, untuk merawat Sumber Gentong menjadi wahana yang berkelas, butuh anggaran yang banyak.

“Akhirnya kita sisihkan sedikit demi sedikit dari hasil penjualan tiket, karcis dan sebagainya untuk perbaikan ini,” ujarnya.

Saat disinggung kenapa tidak menggaet investor dalam pengelolaan ini?, ia mengaku takut. Sebab, wisata Sumber Gentong ini belum memiliki badan hukum. Dan saat ini masih berproses.

“Nanti kalau ditanya badan hukumnya kita jawab apa? Nah ini salah satunya,” lanjutnya.

Maka dari itu, dirinya tetap secara bertahap akan terus mengembangkan wahan ini termasuk juga pengembangan lapak-lapak yang sebelumnya hanya ada 9 lapak.

“Saat ini ada 14 lapak. Namun yang aktif beroperasi ada 12 lapak,” katanya.

“Dan yang berjualan di sini dari warga kami semua supaya menambah perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (nif/syn)