Undian Lapak Pedagang Diawali Zona Apel dan Kuliner

Pengundian kios Pasar Among Tani Batu (rul)

MEMOX.CO.ID – Selesai melakukan sosialisasi kepada pedagang, Diskoperindag Kota Batu mulai melalukan pengundian kios bagi pedagang Pasar Induk Kota Batu pada Senin kemarin (28/8/2023). Pengundian dimulai bagi pedagang zona apel dan zona kuliner yang notabene berada di lantai 3 Pasar Induk Among Tani untuk memudahkan para pedagang dalam memindahkan barang bawaannya dan tidak menggangu aktifitas pedagang yang terletak di lantai dasar dan lantai dua.

Kepada Diskoperindag Kota Batu Eko Suhartono membenarkan ketika dikonfirmasi oleh wartawan. “Pelaksanaan pengundian kios mulai dilakukan secara bergantian di tiap zona. Dengan persyaratan mereka yang bisa mengikuti undian telah mengikuti vermin dan telah mendapatkan kartu tanda terima penyerahan administrasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk pedagang zona apel yang ikut dalam undian diutamakan pada pedagang yang aktif berniaga baik sebelum dan setelah direlokasi dengan total sekitar 50 pedagang. Sedangkan sisanya yang tidak aktif namun meski memiliki SK maka akan diikutkan pada tahap selanjutnya, serta setiap pengdundian dilakukan secara terbuka dengan sistem pemasangan nomor undian dan pengambilan nomor undian dilakukan oleh pedagang sendiri.

Sedangkan tugas Diskoperindag yang juga didampingi oleh aparat keamanan adalah menyaksikan dan melakukan pencatatan administrasi para pedagang serta memverifikasi data untuk menghindari kecurangan sama dalam pengundian kios. “Begitu juga untuk luas kios dari pasar lama ke pasar yang baru akan dikonversikan. Misal untuk kuliner yang dulunya hanya memiliki kios seluas 2×2 meter, maka nantinya akan mendapatkan 2×3 meter sesuai SNI,” imbuhnya.

Disinggung terkait tahap selanjutnya, Eko membeberkan akan melaksanakan pengundian bagi pedagang yang menempati kios lantai 2 seperti pedagang baju, emas, elektro, jasa dan aksesoris. Sedangkan untuk yang terakhir adalah undian untuk pedagang lantai dasar atau pedagang basah seperti daging, buah dan pracangan. “Kami harap pelaksanaan pengundian bisa berjalan lancar. Dengan begitu pedagang bisa langsung boyongan ke pasar baru dan pertengahan September sudah bisa di launching,” tandasnya. (rul)