Lereng Gunung Arjuno Terbakar, Pendakian Ditutup

Kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuno wilayah Kecamatan Singosari. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Dampak dari kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuno wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, membuat jalur pendakian Arjuno-Welirang sementara ditutup.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura Raden Soerjo Ajat Sudrajat mengatakan, penutupan dilakukan sejak Sabtu (26/8/2023) lantaran terjadi kebakaran.

“Sementara kami tutup sampai batas yang tidak ditentukan. Karena api hingga saat ini belum juga padam dan masih meluas,” katanya Senin (28/8/2023) saat dikonfirmasi Memo X.

Ajat melanjutkan, ada empat jalur pendakian yang harus ia tutup. Diantaranya jalur Tambak Sari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Jalur Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Jalur Tretes, Kebupaten Pasuruan. Dan jalur Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Di empat jalur tersebut dikatakan Ajat dilakukan penjagaan supaya tidak ada yang berani menerobos masuk. Kemudian hingga saat ini tidak ada pendaki gunung yang masih ada di sana. Semua pendaki sudah turun.

“Sampai kapan akan dibuka lagi kami belum tahu. Karena api juga belum bisa padam,” katanya.

Sebagai informasi, dari hasil keterangan Humas Polres Malang, sumber api diduga lantaran dari pemburuan hutan liar yang dilakukan oleh orang tidak dikenal. Sebab pada hari Jumat malam, mereka melakukan aktifitas perburuan  di bagian Curah Sriti, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Maka dari itu, Ajat menghimbau jangan melakukan pemburuan liar. Sebab ada larangan tidak boleh melakukan pemburuan di kawasan hutan.

“Apalagi sampai sengaja membakar, itu ada sanksi nantinya dari perburuan liar dan sanksi membakar hutan,” tutupnya. (cw2/ono).