Opini  

Sui Farm Malang Bersama Ellison Creative UMM Sukses Adakan Event Pertamanya Yaitu FUNTASTIC ZOO!

MEMOX.CO.ID – Pada tanggal 8 Juni 2024 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang prodi Ilmu Komunikasi kelompok Ellison Creative sukses dengan menjalankan event yang diselenggarakan di Sui Farm Malang. Event tersebut masuk ke dalam rangkaian Main Event atau acara utama yang disebut dengan FUNTASTIC ZOO!

Pada event FUNTASTIC ZOO! Ini dihadiri oleh 170 pengunjung baik anak maupun orang tua, beberapa TK yang telah kami berikan brosur saat Pra Event sebelumnya. Tak hanya itu, telah hadir juga Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar yaitu Bapak Dodik Teguh Pribadi, M.Pd untuk memberikan sambutan serta pembukaan acara, Bapak Dodik Teguh Pribadi, M.Pd menghadiri event FUNTASTIC ZOO! untuk mewakilkan Bapak Pj. Walikota Malang yang sedang berhalangan hadir. Dihadiri juga oleh Bapak Rizal Effendi sebagai Manager Operasional Sui Farm, serta dosen pengampu Praktikum Public Relations 3 yaitu Maharina Novia Zahro, S.Ikom, M.Ikom.

Bapak Dodik Teguh tidak hanya memberikan sambutan serta pembukaan acara tetapi juga melihat rangkaian acara FUNTASTIC ZOO!, beliau berinteraksi langsung dengan pengunjung yang ditemani oleh Pak Rizal Effendi. Selama event berlangsung Bapak Bapak Dodik Teguh juga mengelilingi Sui Farm untuk melihat potensi apa yang bisa dikembangkan untuk edukasi kepada para pengunjung.

Event FUNTASTIC ZOO! membuat program jambore dengan tema film animasi UP di Sui Farm dengan mengundang beberapa TK di Kedungkandang dan Kota Malang serta dibuka untuk umum. Program ini dibuat untuk memberikan experience kepada Target Audiens dengan memperkenalkan hewan melalui pengalaman yang dikemas melalui post by post dimana tiap posnya akan menjelaskan edukasi hewan yang berada di Sui Farm. Program ini terinspirasi dari film animasi UP dimana tiap menyelesaikan misi di pos akan diberi reward berupa pin yang akan dipasangkan pada selempang masing-masing peserta.

Rangkaian acara yang telah dilaksanakan per pos seperti pos 1 (memberi pakan hewan) setiap anak diberi satu cup pakan hewan, pos 2 (edukasi hewan) menjelaskan fakta-fakta menarik dari marmut (story telling), pos 3 (tebak-tebakan hewan) memberikan pertanyaan bentuk potongan badan hewan dengan media print kertas hewan, pos 4 (Estafet Puzzle) setiap kelompok saling memberikan potongan puzzle dan menyusun potongan itu menjadi bentuk yang benar, pos 5 (Riding Horse) menunggangi kuda dengan waktu peranak mengelilingi 2 kali putaran lapangan, pos 6 (Treasure Hunt) Mencari harta karun tersembunyi, dilanjutkan dengan kreativitas membuat totebag ecoprint, dan terakhir akan melakukan cap tangan pada dinding yang disediakan. Pada sesi terakhir akan diarahkan ke playground.

Bapak Dodik Teguh Pribadi, M.Pd berharap event ini dapat mengedukasi para pengunjung khususnya anak-anak yang ingin bermain dan belajar, serta berharap acara ini dapat berjalan
lancar dan menginspirasi. Tidak hanya itu, Bapak Dodik berharap agar mahasiswa bisa selalu berkreatifitas pada dunia wisata dan dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari. (*)