Beranda Edukasi Lewat Webinar, Siswa SMA Al Muslim Mengedukasi Masyarakat Soal Covid-19

Lewat Webinar, Siswa SMA Al Muslim Mengedukasi Masyarakat Soal Covid-19

74
0

Sidoarjo, Memox.co.id – Pandemi Covid-19 membuat hampir semua aspek kehidupan berubah total. Tidak terkecuali dunia pendidikan juga mengubah sistem pendidikan yang awalnya conventional (secara tatap muka). Yakni, siswa datang ke sekolah setiap hari. Namun, adanya pandemi Covid-19 ini menuntut pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau yang biasa dikenal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kondisi PJJ ini tidak disia-siakan SMA Al Muslim untuk mengeksplore pembelajaran berbasis virtual. Apalagi, sebelumnya memang sudah dirancang akan dilaksanakan di Tahun Ajaran 2020/2021. “Kami memang merancang kegiatan berbasis virtual Tahun Ajaran 2020/2021. Karena adanya pandemi ini kami mempercepat pembelajaran berbasis virtual. Selain pembelajaran aktivitas belajar di rumah (home learning), siswa tetap memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat umum untuk mengedukasi soal pandemi Covid-19,” ujar Kepala SMA Al Muslim, Mahmudah, Rabu (17/06/2020).

Mahmudah memaparkan berbagai inovasi SMA Al Muslim dalam melaksanakan PJJ salah satunya kegiatan Webinar (Web Seminar). Hal ini dilaksanakan siswa-siswi SMA Al Muslim dan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Google Meeting dan live Youtube Al Muslim Jatim. Webinar ini dibagi menjadi lima topik  selama 5 hari. Diantaranya Covid-19 dari Sudut Pandang Al Quran dan Sains, Analisis Penyebaran Covid-19 di Indonesia, Dampak Covid-19 terhadap Sosial Ekonomi, Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta Peluang dan Tantangan Pandemi Covid-19.

“Tujuan sekolah membuat progam Webinar ini untuk membiasakan siswa berpikir multidisipliner dalam menghadapi setiap permasalahan. Meski siswa belajar di rumah, mereka harus tetap aktif dan memiliki kontribusi dengan berbagi wawasan kepada semua masyarakat tentang Covid-19 seperti pada awal pandemi siswa SMA Al Muslim memproduksi handsanitizer dan dibagikan di beberapa rumah sakit,” imbuh calon doktor ini.

Penanggung jawab kegiatan, Umar menguraikan kegiatan ini sangat menarik karena mengulas secara rinci terkait pandemi Covid-19. Setiap topik webinar, dipaparkan dua narasumber. Kegiatan webinar ini, seluruhnya dilakukan siswa SMA Al Muslim. Mulai narasumber, moderator, doa dan notulen. SMA Al Muslim selalu berusaha membuat terobosan baru untuk meningkatkan kompetensi siswa. Seperti komunikasi yang baik, berpikir kritis, agamis, percaya diri, peduli, kerja sama dan berpikir ilmiah.

“SMA Al Muslim memberi ruang kepada siswa untuk mengkaji tentang pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini melalui webinar. Meski narasumbernya dari siswa siswi SMA, tetapi penyampaiannya luar biasa. Selain menyampaikan data, narasumber juga menganalisis data itu. Apalagi masing-masing kelompok didampingi ustadz dan ustadzah dengan bidang keahlian masing-masing,” tegasnya.

Sementara siswa kelas XI IPS sekaligus sebagai narasumber Webinar SMA Al Muslim, Ghaitsa Zahira Shofa menegaskan setiap topik memiliki tim masing-masing. Tim terdiri dari MC, narasumber, pembacaan doa, notulen dan pencarian sumber data narasumber.

“Awalnya sempat deg-degan ketika ditunjuk sebagai narasumber dalam acara Webinar SMA Al Muslim. Karena biasanya orang dewasa yang jadi narasumber. Tapi, alhamdulillah berkat doa dan pendampingan ustadz dan ustadzah, orang tua dan teman-teman tim Webinar berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.

Sementara, kegiatan Webinar ini direspon dengan baik dari negeri seberang, Malaysia. Beberapa mahasiswa Universitas Sains Malaysia turut bergabung dalam acara webinar SMA Al Muslim dan ikut berdiskusi aktif dalam webinar hari pertama dan kedua itu. (wan/ono)