Satlantas Tegur Pemilik Armada Dump Truck Pengangkut Tanah Urug

Anggota Satlantas Polres Probolinggo lakukan penindakan terhadap dump truk tronton yang melanggar kelas jalan_11zon

MEMOX.CO.ID – Satlantas Polres Probolinggo, turun tangan atasi polemik warga Desa Brani Wetan, Kabupaten Probolinggo dengan armada dump truk pengangkut tanah urug. Dengan tegas, polisi melakukan penindakan terhadap armada yang nakal.

Penindakan dilakukan berdasarkan undang-undang lalu lintas, Pasal 301 jo 125 tentang angkutan barang menggunakan jaringan jalan dengan kelas jalan yang ditentukan. Untuk itu, Satlantas Polres Probolinggo menegur pemilik armada angkutan tanah urug, yang menggunakan dump truk tronton sebagai angkutan.

“Harus memakai kendaraan yang sesuai dengan kelas jalan yang dilalui. Jika lewat jalan desa, pakai saja truk yang kecil, jangan yang besar,” terang Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Sapari, Rabu (09/08/2023).

Hal itu sebagai tindak lanjut terjadinya aksi penghadangan oleh warga. Terhadap konvoi dump truk tronton pengangkut tanah urug. Aksi itu dilakukan warga Desa Brani Wetan, kemarin.

Sejauh ini, anggota Satlantas Polres Probolinggo sudah menggelar patroli berkala. Guna melakukan penertiban terhadap armada yang nakal itu.

“Untuk penyitaan sebagai barang bukti, kami lakukan berdasarkan pelanggaran yang dilakukan. Contohnya, sopir membawa kendaraan dengan SIM yang tidak sesuai. Maka kami sita kendaraannya,” imbuh Sapari.

Tindakan polisi itu pun mendapat apresiasi dari warga.

“Ya kami harap, tidak hanya dilakukan saat ini saja. Tapi terus, karena kalau yang lewat itu tronton, cepat rusak jalan ini. Belum lagi potensi terjadinya kecelakaan,” ujar Rudi, warga Brani Wetan. (phy/ono)