Beranda Peristiwa Sambut HUT Kota Batu, Sabers Pungli Kembali Bersih-bersih Sungai Brantas

Sambut HUT Kota Batu, Sabers Pungli Kembali Bersih-bersih Sungai Brantas

57
0
Sabers Pungli melakukan pembesihan sampah Sungai Brantas di sekitar Sabo Dam, Dusun Payan, Kecamatan Bumiaji
Sabers Pungli melakukan pembesihan sampah di sekitar Sabo Dam, Dusun Payan, Kecamatan Bumiaji.

Kota Batu, Memox.co.id – Bertepatan dengan HUT Kota Batu ke 19, Sabers Pungli kembali melaksanakan kegiatan bersih-bersih Sungai Brantas dan penanaman bibit pohon di sekitar Sabo Dam, Dusun Payan, Kecamatan Bumiaji, Minggu (18/10/2020).

Kegiatan yang sebelumnya hampir setiap pekan dilakukan ini sempat terhenti beberapa bulan akibat pandemi Covid-19. Namun, kegiatan ini kembali dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

Mat Berlin salah seorang penggiat Sabers Pungli mengatakan, pada edisi ke-131 ini, ia bersama dengan seluruh elemen masyarakat turun ke sungai melakukan pembersihan sampah.

“Persoalan sampah di aliran Sungai Brantas ini cukup kompleks. Jika tidak diatasi, tidak hanya di Kota Batu, tetapi juga akan berimbas di 14 kota/kabupaten di Jatim” ujarnya.

Sebanyak 300 personel terlibat dalam kegiatan Sabers Pungli edisi ke 131.
Sebanyak 300 personel terlibat dalam kegiatan Sabers Pungli edisi ke 131.

Gerakan moral ini, kembali dilaksanakan setiap hari minggu menyasar titik-titik sungai atau aliran air yang ditemui banyak tumpukan sampah, khususnya sampah plastik.

“Sungai Brantas ini penyumbang terbesar sampah di laut khususnya plastik. Ini adalah persoalan bersama, harus segera disikapi. Masyarakat yang bergabung dalam gerakan Sabers Pungli ini dipersatukan oleh semangat yang sama menjaga sungai sebagai sumber peradaban,” tuturnya.

Sebanyak 300 personel terlibat dalam kegiatan Sabers Pungli edisi ke-131 sekaligus memperingati HUT kota Batu yang ke-19 yaitu Poltekad, DLH, BPBD, Kecamatan Bumiaji. Pemdes Punten bersama FPRB, Forum Anak, dan PKK, Tim Penggerak PKK Kota batu, Dharma Wanita Persatuan Kota Batu, Koramil Bumiaji, Shining Tuli, Ansor dan Banser NU Kota Batu, dan komunitas peduli lingkungan lainnya. (fik)

.