Rien Hendy Siswanto Dorong Masyarakat Budidaya Ikan Gabus

  • Bagikan
Rien Hendy Siswanto Dorong Masyarakat Budidaya Ikan Gabus
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Kasih Fajarani saat berkunjung ke Kecamatan Jombang.

Jember, Memox.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Kasih Fajarani atau akrab dipanggil Bu Rien menilai budidaya ikan gabus layak dikembangkan oleh masyarakat.

Ikan gabus dengan nama latin Chana Striata atau kuthuk mempunyai potensi ekonomis tinggi dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat.       

Pendapat ini disampaikan istri Bupati Jember Hendy Siswanto saat berkunjung ke Kecamatan Jombang. Kecamatan Jombang  saat ini memang dikenal sebagai daerah pengghasil ikan gabus karena di kecamatan tersebut banyak rawa atau sungai sebagai habitat alami ikan gabus.

Baca juga: Tiga Bersaudara Atlet Panjat Tebing Pilih Bertahan di Jember Meski Minim Perhatian Pemkab

Ikan gabus sangat berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat karena dapat diolah menjadi produk pangan. Kandungan gizi ikan predator ini sangat tinggi bahkan kandungan albumin nya bisa digunakan sebagai bahan pengobatan medis.

“Saya mengharapkan warga di Kecamatan Jombang ini terutama di Desa Jombang ini untuk membudidayakan ikan kuthuk (ikan gabus),” ujar Rien Hendy Siswanto.       

Masih menurut Bu Rien, ikan dengan nama latin Chana Striata ini juga dapat diolah menjadi produk olahan lainnya seperti abon sebagai pengganti abon sapi.   

Kasih Fajarani atau akrab dipanggil Bu Rien menilai budidaya ikan gabus layak dikembangkan oleh masyarakat.

Agar banyak masyarakat yang melakukan budidaya ikan yang hidup di rawa ini, Bu Rien akan melibatkan pihak kecamatan setempat dan Penggerak PPK.

Kedepan harapnya, kecamatan memberikan bantuan bibit kepada masyarakat, sehingga setiap rumah tangga bisa budidaya ikan gabus. Dengan budidaya ikan gabus, tidak akan adalagi masyarakat kekurangan gizi sehingga angka stunting di Jember dapat berkurang. Masyarakat menjadi lebih sehat dan sejahtera secara ekonomi.

Baca juga: Pembangunan Padang Golf Rp 5 Miliar dan Dua RSD Senilai Rp 15 Miliar Dianggarkan di APBD Jember Tahun 2022

“Harapannya kedepan masyarakat ga kekurangan ekonomi. Kan ini juga (bagian) dari UMKM, saya pilih ikan kuthuk ini kan bisa diolah jadi kripik, jamu (minuman berkasiat)  karena ini albuminnya tinggi, bisa dibuat rolade juga ini,” harapnya.     

Sementara itu Camat Jombang, Moch Suryadi menyampaikan selama ini peran kader PKK sangat membantu mensosialisasikan program-program pemerintah kabupaten.

“Gerakan PKK baik kecamatan maupun desa sangat memback up, bersinergi dengan instansi lain baik dari puskesmas, PLKB dan semua lini yang ada di kecamatan,” katanya. (vin/mzm)

  • Bagikan