Beranda Edukasi Ponpes Al-Hikam Siap Terima Santri di Era New Normal

Ponpes Al-Hikam Siap Terima Santri di Era New Normal

76
0

Santri dari Zona Merah Ditunda Keberangkatannya

Malang, Memox.co.id – Pondok Pesantren Al-Hikam di Jl. Cengger Ayam No.25 Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, sedang mempersiapkan penerimaan santri baru di era New Normal, Juli 2020 bulan depan. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Pondok Pesantren Al-Hikam dipilih Pemprov Jatim sebagai pesantren tangguh yang bisa menjadi contoh dalam menghadapi  pandemi corona. Penerapan protokol kesehatan di ponpes ini bisa menjadi contoh untuk pesantren lain.

Oleh karena itu, untuk kedatangan santri dari berbagai daerah benar-benar dipersiapkan dengan matang agar dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala. Pandemi Covid-19 yang sedang diperangi oleh seluruh masyarakat, mengharuskan menggunakan protokol kesehatan agar dapat terhindar dari Covid-19 dan penyebarannya.

                “Kami mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari Satgas NU yang menyediakan Rapidtest untuk maximal 100 orang. Dari situ kami juga akan menggunakan cara lain karena santri kita lebih dari 100 orang dan ketersediaan Repidtest yang diberikan kurang, kami akan mengusahakan dengan cara sampling darah yang dibantu oleh puskesmas sekitar dan juga protokol kesehatan seperti isolasi mandiri sebelum kedatangan ke ponpes yang akan kita transitkan terlebih dahulu di Gedung Baru Al-Hikam dengan pantauan yang khusus agar dapat berjalan dengan lancar,” ujar Zaedun Na’im, pengawas dan pengasuh pesantren Tangguh.

Zaedun Na’im, pengawas dan pengasuh pesantren Tangguh dari Ponpes Al Hikam

Pondok Pesantren juga menggunakan cara zonasi dan juga rentang waktu bagi peserta santri. Zonasi tersebut adalah daerah yang terdampak atau memiliki riwayat Zona Merah ataupun Hitam akan ditahan terlebih dahulu sampai jangan waktu yang ditentukan. Para santri di zona merah akan diawasi perkembangannya seperti apa agar santri bisa diberangkatkan ke Pondok Pesantren.

Selain itu juga ada rentang waktu pemberangkatan dan penempatan santri di pondok. Mereka dibagi dalam beberapa tahap dan kuota keberangkatan. “Kami akan mengikuti aturan psychal distancing dengan benar karena itu kami adakan beberapa tahap keberangkatan dengan waktu yang di tentukan, juga tidak lupa selain kita mempersiapkan penerimaan santri nanti, kami juga akan mampersiapkan dalam kehidupan sehari-hari para santri di era New Normal nanti agar cepat beradaptasi dan membiasakan diri untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi,” ungkapnya.

Jadi selain persiapan penerimaan santri baru, pihak Pondok Pesantren Al-Hikam juga mempersiapan untuk kehidupan New Normal bagi para santri dan segala staff nya agar dapat berjalan dengan baik dan tidak ada hal buruk yang akan terjadi. (mg-1/ono)