Beranda TRIBRATA Polres Batu Bekali Anggota Bahayanya Perbuatan Pungli

Polres Batu Bekali Anggota Bahayanya Perbuatan Pungli

3
0

Batu, Memox.co.id – Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Batu gelar sosialisasi upaya  memberantas Pungli ( Pungutan Liar ) dengam narasumber  Kanit Tipidkor Aipda Yudik, S.H. di ruang Rupatama Mapolres Batu, Sabtu pagi (15/02/20).

Perlu diketahui pungli  termasuk dalam kategori kejahatan jabatan, di mana dalam konsep kejahatan jabatan dijabarkan bahwa pejabat demi menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

Serta  menyalahgunakan kekuasaannya untuk memaksa seseorang untuk memberikan sesuatu, untuk membayar atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.

Dalam sosialisasi tersebut Kanit Tipidkor Aipda Yudik, S.H., memaparkan bahwa secara umum terjadinya pungli disebabkan oleh adanya ketidakpastian pelayanan sebagai akibat adanya prosedur pelayanan yang panjang sehingga masyarakat menyerah ketika berhadapan dengan pelayanan publik yang korup.

Ditambah faktor kultural dan budaya organisasi yang terbentuk dan berjalan terus menerus di suatu lembaga agar pungutan liar dan penyuapan dapat menyebabkan pungutan liar sebagai hal biasa,” terangnya.

Ditegaskan olehnya, pasal – pasal yang terkait dengan pungutan liar yang telah disebutkan di atas kemudian diakomodir dalam menyusun Undang – Undang No. 31 Tahun 1999 yang diperbaharui dengan UU No 20 Tahun 2001, dalam pasal penerimaan hadiah (gratifikasi),” tegasnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Batu AKBP Harviadhy Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., melalui Wakapolres Batu Kompol Suharsono, S.H., mengatakan sosialisasi stop pungli ini sebagai komitmen bersama Polres Batu dalam memberantas pungutan liar di wilayah hukum Polres Batu,” imbuhnya.(fik)