Polisi Kota Batu Lumpuhkan Pelaku Curanmor Bersenjatakan Bom Ikan

55
0
KETERANGAN: Kapolres Batu AKBP Catur saat memberikan keterangan pers.

Batu, Memox.co.id – Aksi heroik seorang anggota kepolisian Polres Batu mendapat apresiasi dari Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, S.I.K. MH. Dengan keberanian ia melumpuhkan pelaku spesialis Curanmor (Pencurian Sepada Motor) bersenjatakan bondet (bom ikan), Selasa (16/03/2021).

Nama Polisi tersebut Aipda Tony Rudianto, anggota unit Opsnal Satuan Reskrim Polres Batu yang ternyata sudah dua kali meringkus pelaku pencurian sepeda motor dengan bondet.

Kronologis kejadian itu sendiri terjadi pada hari Selasa, 16 Maret 2021 sekitar pukul 02.30 WIB di Jalan Drs. Moh Hatta Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Aipda Tony Rudianto yang mencurigai dua orang sebagai pelaku tindak kejahatan berusaha mengamankan keduanya beserta kendaraan yang digunakan sebagai sarana melakukan tindak kejahatan tersebut.

Namun kedua terduga pelaku berusaha melawan dan melarikan diri ke area persawahan dan terjadi kejar-kejaran dengan petugas. Dalam pengejaran tersebut salah satu dari pelaku berhasil diamankan oleh Aipda Tony Rudianto.

TKP: Anggota kepolisian Polres Batu saat berada di TKP penangkapan pelaku Curanmor.

Tanpa diduga oleh Aipda Tony, ternyata tersangka dilengkapi dengan bondet yang dililitkan dipinggangnya. Pada saat Aipda Tony Rudianto melakukan penggeledahan badan, bondet tersebut meledak yang berakibat pelaku dengan inisal AA meninggal dunia di TKP.

Mendengar aksi heroik anggotanya tersebut, Kapolres Batu Ajun Komisaris Besar Polisi Catur C Wibowo, S.I.K. MH mengaku sangat mengapresiasi keberanian salah satu anggotanya dalam membekuk pelaku kejahatan yang sangat meresahkan masyarakat.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi dedikasi serta kerja keras anggota saya. Sehingga nyawa pun dipertaruhkan dalam tugasnya untuk melindungi masyarakat,” ungkap AKBP Catur.

Baca Juga : Kapolresta Malang Kota Tegaskan Penangkapan Pelaku Curat dan Curanmor Murni dari Resmob

Sedangkan satu tersangka lainnya ditetapkan menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang). Selain tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, untuk pelaku yang beraksi dengan bondet ini akan disangkakan pasal UU Darurat no. 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun.

“Kami juga menghimbau kepada pelaku yang melarikan diri untuk segara menyerahkan diri. Karena identitasnya sudah dikantongi oleh pihak kepolisian Polres Batu,” himbau Kapolres Batu AKBP Catur. (fik)