Polda Jatim Gelar Pencucian Pataka Jelang Hari Bhayangkara ke 77

PIMPIN: Kapolda Jatim Irjen Pol Toni saat pimpin upacara pemuliaan nilai nilai luhur Tribrata, Pataka Polda Jatim

MEMOX.CO.ID – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,M.H memimpin upacara pemuliaan nilai nilai luhur Tribrata, Pataka Polda Jatim “Tan Hana Dharma Mangrwa di Lantai 2 Gedung Patuh Mapolda Jatim, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata, Pataka Polda Jatim “Tan Hana Dharma Mangrwa” diikuti oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Yusep Gunawan dan seluruh pejabat utama (PJU) Polda Jatim.

Dalam amanatnya Kapolda Jatim Irjen Pol Dr.Toni mengatakan pencucian Pataka merupakan tradisi tahunan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara yang bertujuan untuk menyucikan nilai luhur Tribrata sebagai pedoman hidup anggota Polri.

“Tribrata itu sendiri memilki makna mengajak kembali anggota Polri kepada jati diri Polri yang suci dan murni, sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” tutur Irjen Toni.

Hal itu dilakukan, lanjut Irjen Pol Toni untuk mensucikan nilai-nilai luhur dan juga sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tan Hana Dharma Mangrwa” merupakan bahasa Sansakerta yang berarti Tidak Ada Kebenaran Yang Mendua yang tertulis dalam Buku Sutasoma ciptaan Mpu Tantular.

Buku Sutasoma itu ditulis pada abad ke 14 masehi di masa Kerajaan Majapahit. Yang kalimat lengkapnya berbunyi Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. (*)