Opini  

Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Menghidupkan Kesehatan

Oleh : Diana Novitasari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang

MEMOX.CO.ID – Kita tahu menjadi aktif itu baik untuk kita, tahukah anda bahwa aktivitas fisik penting untuk semua usia. Orang yang menghabiskan waktu untuk duduk menonton TV dan Handphone, tidur – tiduran dan malas – malasan memiliki tingkat 45% tingkat yang lebih tinggi of Martality (kematian). Bukti kuat menunjukkan bahwa orang yang lebih aktif memiliki tingkat lebih rendah terkena penyakit seperti tekanan darah rendah, stroke, metabolik dan despresi. Itulah sebabnya WHO (World Health Organization) menetapkan global aktivitas fisik untuk kesehatan di usia 18 – 64 tahun. WHO adalah kekuatan pendorong dibalik Kesehatan global yang berdampak pada seluruh kesehatan dalam kehidupan kita.

Kesehatan sangat penting bagi manusia untuk mencapai potensi maksimalnya. Hampir 4,2 juta orang akan menderita penyakit seperti jantung, obesitas, diabetes dan penyakit tidak menular lainnya yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik jika pemerintah tidak mengambil tindakan segera untuk mendorong lebih banyak aktivitas fisik di kalangan masyarakat. Pemerintah perlu memastikan setiap orang dimanapun memiliki akses terhadap layanan kesehatan dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkannya.

Aktivitas fisik menjadi perhatian bagi pemerintah sehingga pemerintah mendorong sebuah program baru yaitu GERMAS ( Gerakan masyarakat untuk hidup sehat) 3 program utamanya adalah aktivitas fisik, makan buah dan sayur dan pemeriksaan kesehatan secara berskala. Nah, apa bedanya olahraga sama aktivitas fisik? Olahraga yaitu termasuk dalam aktivitas fisik namun tidak semua jenis aktivitas fisik adalah olahraga.

Perbedaan aktivitas fisik untuk usia 40 tahun keatas dan bagi anak anak yaitu pada aktivitas fisik anak anak masih pada masa pertumbuhan pembetukan otot. Ada data sebesar 26,1% masyarakat Indonesia dengan usia diatas 10 tahun masih dalam kategori kurang beraktivitas fisik. Melakukan olahraga fisik secara rutin wajib dilakukan minimal 30 menit sehari jika dilakukan aktivitas fisik secara teratur 30 menit setiap hari kita akan merasakan manfaatnya seperti dapat mengontrol dan mencegah kelebihan berat badan, menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit dan meningkatkan energi kekuatan otot dan daya tahan tubuh. (*)