Pengangguran dan Kemiskinan Kota Batu Turun Drastis

Kunjungan Pemkot Batu pada masyarakat pra sejahtera (ist)

MEMOX.CO.ID – Angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Batu pada 2023 mengalami penurunan secara drastis dibandingkan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan tercatatnya dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur bahwa angka pengangguran di Kota Batu per Agustus 2023 adalah 4,88 persen dan dibandingkan dengan Agustus 2022 lalu tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 8,43 persen sehingga jumlah penurunan dalam kurun waktu satu tahun mencapai 3,55 persen.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi pada Selasa (14/11/2023). “Angka pengangguran bisa turun secara signifikan sebab pemulihan kinerja ekonomi Kota Batu berjalan optimal. Sehingga berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Tak hanya itu saja, penurunan angka kemiskinan juga terjadi yakni 0,48 persen dengan data pada 2022 lalu yang mencapai 3,79 persen namun pada 2023 angka kemiskinan menurun menjadi 3,31 persen. Sehingga penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di akhir tahun 2023 sejalan dengan terus menguatnya kondisi ekonomi daerah mulai dari sektor pertanian, UMKM, dan khususnya sektor pariwisata.

Hal ini juga terpantau dari geliat UMKM dan pariwisata yang dikelola oleh masyarakat serta idukung kondisi inflasi yang semakin terkendali. “Objek-objek pariwisata yang selama ini menjadi unggulan daya tarik wisatawan dan hotel di Kota Batu kini telah mengalami peningkatan okupansi. Sehingga, banyak menyerap tenaga kerja yang ada di Kota Batu,” paparnya.

Aries berharap pada 2024 mendatang angka kemiskinan dan pengangguran bisa kembali menurun dengan peran serta masyarakat.dan stakeholder terkait. Sehingga inovasi-inovasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinsos akan menjadi leading sector dan berperan aktif dalam menekan penurunan tersebut. (rul)