Pemohon SIM Kab Malang Beri Apresiasi Atas Perubahan Rute Ujian Praktik SIM C

TINJAU: Wakapolres Malang Kompol Wisnu didampingi Kanit Regident Ipda Danny saat meninjau sirkuit ujian praktik SIM C

MEMOX.CO.ID – Kini rute ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C tanpa angka 8 dan zig-zag secara resmi telah diterapkan di Satpas SIM Singosari Polres Malang, sebagai tindak lanjut Instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Senin (07/08/2023).

Sebelumnya telah dilakukan uji coba oleh Kanit Regident Polres Malang Ipda Danny Rizar Ramadhan, S.Trk dengan tujuan apakah lintasan sirkuit ujian praktik SIM C ini sudah memenuhi standar seperti yang telah ditetapkan Korlantas.

Mewakili Kasat Lantas AKP Agnis Juwita Manurung, Kanit Regident Polres Malang Ipda Danny mengatakan, kini Satpas SIM Polres Malang telah menerapkan praktik ujian SIM C dengan rute yang baru sesuai dengan arahan Korlantas.

“Perubahan ini adalah upaya penyederhanaan ujian, bukan berarti mempermudah calon pemohon SIM C. Pemohon SIM tetap mengikuti prosedur ujian praktek SIM yang telah ada kalaupun tidak lulus mereka bisa mengikuti coaching clinic dan mengulang kembali keesokan harinya mengikuti jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

PENGARAHAN: Kanit Regident Ipda Danny dan Baur SIM Aiptu Suherman saat memberikan sosialisasi kepada pemohon SIM sehubungan adanya perubahan lintasan ujian praktik SIM C

Lanjutnya, Korps Lalu Lintas Polri sebelumnya telah mengungkap desain baru trek ujian praktik SIM C.Perubahan yang terjadi diklaim tetap mengutamakan keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor.

Pada materi baru, ujian praktik SIM C akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama.

Dari denah yang diungkap Polri, sirkuit uji praktik SIM C memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok, yang satu bagiannya menyerupai huruf S.

PERUBAHAN: Lintasan sirkuit ujian praktik SIM C yang kini telah berubah tidak ada lagi angka 8 dan Zig-zag

Saat uji praktik dimulai, pemohon SIM C ini akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu.

Lintasan ini mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zigzag atau slalom tes. Kemudian,uji membentuk angka delapan digantikan dengan uji membentuk huruf S,” terangnya.

Adanya perubahan lintasan sirkuit ujian praktik SIM C mendapat apresiasi salah satu pemohon SIM warga Kabupaten Malang pria yang biasa dipanggil Wawan ini mengaku saat mencoba lintasan sirkuit ujian praktik SIM C yang baru ini sangat mudah sekali dan sederhana.

“Kita tidak perlu lagi berbelok belok atau berputar putar seperti angka 8 maupun Zig-zag yang penting tetap konsentrasi dan tenang tidak perlu terburu-buru karena kita juga telah diberikan pengarahan oleh petugas sebelum mengikuti ujian praktik SIM,” ungkapnya.(fik)