Pemkab Malang Tak Kunjung Pastikan Dana Pilkada untuk Bawaslu

Pemkab Malang Tak Kunjung Pastikan Dana Pilkada untuk Bawaslu
Ketua Bawaslu Kabupaten Malang M Wahyudi

MEMOX.CO.ID – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) masih menunggu kejelasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, terkait anggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2024. Pasalnya, Pemkab Malang masih bersikeras di angka Rp32,6 miliar untuk anggaran Pilkada itu. Walaupun Bawaslu menilai angka tersebut terlalu minim dan tidak mencukupi jalannya pengawasan pesta demokrasi lima tahunan.

Sebagai informasi, Bawaslu sebelumnya menganggarkan dana Pilkada senilai Rp37,4 miliar. Namun Pemkab Malang menurunkan anggaran tersebut menjadi Rp32,6 miliar. Alhasil, Bawaslu belum melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemkab Malang.

“Saat ini kami sedang menunggu agar usulan anggaran yang kami ajukan segera mendapatkan persetujuan. Karena itu belum cukup untuk anggaran pengawasan Bawaslu,” kata M Wahyudi Ketua Bawaslu Kabupaten Malang saat dikonfirmasi Memo X, Minggu (10/12/2023) siang.

Padahal kata Yudi, ini (Pilkada) sebenarnya kepentingan Pemerintah Daerah (Pemda). Kalau memang Pemda tidak sanggup membiayai, dirinya menyebut ada mekanisme tersendiri terkait dengan itu. Akan tetapi mekanismenya seperti apa?, Yudi menyebut kurang begitu paham. Yang jelas dirinya akan melaporkan terhadap jajaran atasan.

“Kita sekedar melaporkan saja ke jajaran di tingkat atasan kita,” tegasnya.

Yudi meyakini kalau sebenarnya Pemkab Malang memiliki anggaran untuk Pilkada. Hanya saja Pemkab kata Yudi, tidak melakukan pembahasan lagi. Terbukti, draft undangan yang diberikan kepada Bawaslu untuk dilakukan kajian bersama masih di angka Rp 32,6 miliar.

“Artinya Pemkab tidak melakukan kajian ulang. Undangan yang diberikan ke kami masih tetap di angka itu. Berarti tidak ada pembahasan,” ujarnya.

“Saya tetap berprasangka baik saja bahwa Pemda sebenarnya mampu. Tapi apakah dananya tidak cukup pada posisi ini saya tidak berkomentar terlalu banyak,” pungkasnya. (nif)