Pemilik 193 Lahan untuk PSN Bendungan Karangnongko Terima Ganti Untung

Pemilik 193 Lahan untuk PSN Bendungan Karangnongko Terima Ganti Untung
Pemkab Bojonegoro Lakukan Pencairan Ganti Untung Lahan 193 Bidang untuk PSN Bendungan Karangnongko. (foto:ist)

MEMOX.CO.ID – Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Karangnongko di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, terus mengalami kemajuan signifikan. Sebanyak 193 bidang lahan untuk proyek tersebut mendapatkan pembayaran ganti untung,  Kamis – Jumat  (21- 22/12/2023).

Rinciannya, dari 193 bidang tersebut terdiri dari 155 bidang tanah di Desa Kalangan, dan 38 bidang tanah di Desa Ngelo Kecamatan Margomulyo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Kabupaten Bojonegoro Heri Widodo, menyampaikan bahwa pelaksanaan pencairan dana diperkirakan selesai pada akhir 2023.

“Tahun 2023 ini pengukuran lahan masyarakat yang telah bersedia bekerja sama, total 193 bidang tanah di Desa Kalangan dan Desa Ngelo telah berhasil direalisasikan 100%. Dana diproses dari BPKAD, kemudian ke Bank Jatim, dan akhirnya ke rekening Bank BRI masyarakat,” ungkapnya, saat dikonfirmasi Jumat (22/12/2023).

Proses pencairan ini telah melalui serangkaian tahapan panjang dengan dukungan semua pihak, terutama masyarakat terdampak. Setelah Penlok (Penetapan Lokasi) dikeluarkan, Satuan Tugas A dan B dibentuk oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN); dan pihak Agraria dan Tata Ruang (ATR) sebagai pelaksana pembebasan lahan.

Data yang telah diverifikasi kemudian disampaikan kepada tim appraisal, yaitu pihak Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk dilakukan penilaian.

“Sementara ini, harga tertinggi yang diterima masyarakat mencapai sekitar Rp 2,6 miliar,” imbuhnya.