Memperingati Hari Bumi, Pj Bupati Nganjuk Pimpin Penanaman Pohon dan Pelepasan Ikan di Waduk Semantok

Memperingati Hari Bumi, Pj Bupati Nganjuk Pimpin Penanaman Pohon, Pelepasan Ikan di Waduk Semantok
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nganjuk melakukan penanaman pohon, pelepasan ikan dan pelepasan burung di Waduk Semantok.

MEMOX.CO.ID – Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna memimpin penanaman pohon, pelepasan ikan dan pelepasan burung di sekitar Waduk Semantok, Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jumat (17/05/2024). Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Hari Bumi, Hari Air Se-Dunia serta Hari Ulang Tahun ke-78 Polisi Militer Angkatan Darat (POMAD).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan DPRD Nganjuk, Forkominda Kabupaten Nganjuk, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Nur Solekan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kadis PUPR, Kadis Perhubungan serta OPD Se-Kabupaten Nganjuk.

Kepala DLH Kabupaten Nganjuk Subani menjelaskan, kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai upaya menjaga pelestarian air tanah dan  hal itu dilakukan secara serentak di beberapa provinsi.

Kepala DLH Kabupaten Nganjuk Subani lakukan penanaman pohon di area Waduk Semantok. (foto:yoe)

Subani menambahkan, kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun. Tujuannya mengajak masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan. Hal itu selaras dengan slogan DLH Kabupaten Nganjuk. Yaitu Bersih, Indah, Sehat, Asri (BISA).

Dia pun menjelaskan, peringatan Hari Bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tahun adalah salah satu upaya dari gerakan untuk meningkatkan kesadaran kita semua dalam menjaga keberlangsungan kehidupan di bumi.

“Ini untuk mengingatkan kembali betapa eratnya hubungan manusia dengan bumi dan tanggungjawab untuk melindunginya. Maka dari itu, mengatasi hal tersebut kita semua harus melakukan upaya pelestarian lingkungan seperti penanaman pohon, pelepasan ikan, pelepasan burung agar bumi tetap terjaga,” jelasnya.

Subadi pun mengharapkan, penanaman pohon ini bukan hanya seremonial semata, namun benar benar dengan rasa cinta, untuk selanjutnya dikelola agar tetap lestari dan sehat untuk anak cucu kita ke depannya.

Sementara itu, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna berharap dengan kegiatan ini menjadi momentum langkah awal untuk sama-sama bersama bersinergi Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk sama-sama kita rawat bumi kita ini. (wan/yoe)