Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Berikan Kontribusi Positif melalui Pembuatan Vidio Branding Desa Wringin Putih, Muncar Banyuwangi

Kelompok 33 gelombang 04 PMM UMM melakukan observasi dan wawancara untuk video profil Desa Wringinputih dengan “Hendro” yaitu Ketua Kelompok Tani Hutan Makmur

MEMOX.CO.ID – Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang sedang menggelar proyek pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan inspiratif. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Dengan tema yang berfokus pada pengembangan desa, para mahasiswa kelompok 33 gelombang 04 PMM UMM tahun 2024 ini telah memulai langkahnya dengan memilih Desa Wringin Putih, Muncar, Banyuwangi sebagai objek kegiatan mereka.

Program ini berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (DPPM) UMM. Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh kelompok 33 gelombang 04 PMM Bhaktiku Negeri tahun 2024 di Desa Wringin Putih, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Kelompok ini Beranggotakan 5 mahasiswa aktif yaitu: M. Rakhan Abrar Yudhistira sebagai Koordinator Pelaksana, Adinda Fitri Annisa (Sekretaris), Salsabila Clarissa (Bendahara), M. Ihyan Hakim (Humas), dan Bellaa Ninsiy Aqnaa Nafasa (Multimedia) dengan dibawah bimbingan Muslikhati, S.E., M.E., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kelompok 33 gelombang 04 PMM UMM melakukan kunjungan dan konsultasi ke kediaman Kepala Desa Desa Wringinputih “Mohamad Nurhadi, S.HI”

Dalam kegiatan pembuatan vidio yang mereka namakan “Desa Surga Wringin Putih Semua Untuk Warga”, mahasiswa ini memiliki tujuan yang sangat jelas: meningkatkan citra dan brand Desa Wringin Putih melalui pembuatan video profil yang profesional dan menarik. Dengan demikian, mereka tidak hanya berkontribusi pada pendidikan dan pengembangan diri mereka sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif yang langsung dirasakan oleh masyarakat setempat.

Video profil yang mereka buat bukan sekadar dokumentasi visual, tetapi merupakan sebuah karya seni yang menggambarkan keindahan alam, kearifan lokal, serta potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Wringin Putih. Melalui kreativitas dan keahlian dalam bidang produksi video, para mahasiswa ini berusaha untuk menjadikan desa tersebut sebagai destinasi yang menarik bagi wisatawan dan investor.

program kerja yang tengah digalakkan di Desa Wringinputih merupakan langkah  dalam upaya pengelolaan media sosial desa serta pembuatan video profil desa yang akan disebarluaskan melalui media sosial desa. Tindakan ini tidak sekadar bagian dari rutinitas, melainkan bagian integral dari strategi kami dalam mendukung pertumbuhan dan memperkenalkan potensi luar biasa yang dimiliki oleh Desa Wringinputih.