Kadin Jember Dorong Pemkab Perhatikan Sektor Pariwisata

25
0
Kadin Jember saat melakukan rapat dengar pendapat di DPRD Jember, Rabu (2432021).

Jember, Memox.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jember dorong pemerintahan Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjaun Barlaman mengambil langkah-langkah percepatan untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Pasalnya, potensi pariwisata di Kabupaten Jember sangat menarik untuk di kembangkan dan berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pengurus Kadin Jember, Didik Muzanni usai melakukan rapat dengar pendapat di DPRD Jember, Rabu (24/3/2021) mengatakan, pemerintah harus memberi ruang kepada para pengusaha pariwisata.

Terutama untuk menanamkan modalnya di destinasi wisata yang ada agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

”Subtansinya peningkatan sektor pariwisata terutama berkaitan dengan Wana Wisata Papuma dan Teluk Love Payangan yang ujungnya juga geliat pariwisata ini berkontribusi penuh peningkatan pendapatan asli daerah,” kata Didik Muzanni.

Kepala Dinas Pariwisata Dhebora mengatakan, pemerintah daerah siap hadir untuk meningkatkan fasilitas-fasilitas di lokasi wisata yang ada, seperti mendirikan gondola atau kereta gantung. Bahkan tidak itu saja dilokasi wisata tertentu Pemkab tidak akan menarik biaya masuk alias gratis seperti di Bali.

”Saya ‘bermimpi’ akan membuat gondola di Bukit Suroyo Payangan menuju Sitinggil Papuma betapa indahnya melihat pemandangan dari ketinggian,” katanya.

Sementara itu Bupati Hendy Siswanto ternyata juga langsung bergerak. Hendy yang dihubungi melalui telepon sedang di Jakarta mengaku dirinya sedang berupaya untuk menemui para pihak termasuk pihak Perhutani, BKSDA untuk membahas kerjasama terkait pengembangan obyek-obyek wisata yang saat ini masih dikelola para pihak tersebut.

”(Saat ini) sedang di Jakarta untuk MOU dengan Meru Betiri (Taman Nasional Meru Betiri), MOU dengan semua (pengelola) obyek wisata agar dapat menyerap tenaga kerja. Pengangguran kita masih banyak, orang miskin kita masih banyak ben iso nyambut gawe,” katanya. (vin/mzm)