Kabupaten Jember Gelar Pilkades Serentak di 59 Desa

  • Bagikan
APEL: Apel kesiapsiagaan Pilkades Kabupaten Jember yang ikut Forpimda Kabupaten Jember

Jember,Memox.co.id-Pemkab Jember menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak  bertempat di halaman depan Kantor Pemkab Jember, Rabu kemarin (24/11/2021).

Apel kesiapsiagaan itu digelar, untuk mengecek kesiapan semua pihak. Jelang menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran selama pemungutan suara hingga penghitungan suara. “Ini adalah event yang sangat istimewa, mudah-mudahan besok (hari ini) kondusif dan aman serta terpilih yang terbaik diantara mereka semua,” ucap Hendy saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai apel.

Para calon Kades itu, kata Hendy, semuanya telah melalui tahap seleksi dengan baik. “Harapan saya untuk kegiatan besok, yang terpilih maupun tidak terpilih semuanya sudah sama-sama berusaha dengan baik. Untuk yang terpilih artinya sudah diberikan kesempatan diawal (mengemban amanah) Sedangkan yang tidak terpilih, tetap mengabdi kepada masyarakat dengan kemampuan yang dimilikinya. Mudah-mudahan di pemilihan berikutnya diberi kesempatan,” ujarnya.

Hendy juga menghimbau terkait Pilkades serentak itu. Supaya pelaksanaannya nanti bisa benar-benar berjalan dengan aman dan tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta untuk bergegas pulang usai pencoblosan. “Untuk hasilnya, serahkan kepada panitia yang berwenang. Sudah biasa kalah dan menang itu, kalau pun nantinya kalah ikhlaskan saja. Sudah biasa dalam pesta demokrasi,” kata Hendy.

Terkait mekanisme dalam pemungutan suara itu, nantinya akan dilakukan secara bertahap. Sehingga saat masyarakat datang ke TPS tidak lagi menimbulkan kerumunan. “Tentunya itu ada tahapannya (jadwal), sehingga insyaallah tidak akan terjadi kerumunan di TPS. Seperti jadwal undangan pernikahan, ada jamnya sendiri,” pungkasnya.

Pelaksanaan pilkades serentak dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 sehingga harus menerapkan sarana pendukung sebagai langkah antisipasi, berbeda dengan tahun 2019 lalu. (ark/vin/mzm)

  • Bagikan