Juknis Pelaksanaan Salat Tarawih Sudah Terbit

24
0
Juknis Pelaksanaan Salat Tarawih Sudah Terbit
Kasi Binmas Islam Kemenag Jember, Muhammad Muslim.

Jember, Memox.co.id – Pada Ramadan 1442 Hijriah atau tahun 2021 ini, masyarakat diperkenankan untuk melaksanakan Salat Tarawih berjamaah di masjid. Hal itu ditegaskan, dengan sudah diterbitkannya petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian Agama (Kemenag) Pusat.

Namun demikian, masyarakat dihimbau untuk tidak berkerumun atau cangkruk (berkumpul, red) setelah Salat Tarawih. Karena bagaimanapun, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Dengan adanya petunjuk dari Kementerian Agama itu. Pelaksanaan Salat Tarawih pada Ramadan tahun ini diperbolehkan (berjamaah di Masjid). Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Kasi Binmas (Bimbingan Masyarakat) Islam Kantor Kemenag Jember, Muhammad Muslim saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Minggu (11/4/2021).

Pria yang juga mantan jurnalis ini juga mengingatkan, dengan adanya kesempatan bisa beribadah Salat Tarawih dengan berjamaah, masyarakat pun juga diminta untuk tidak berkerumun setelah ibadah Salat Tarawih.

Karena disadari muslim, masyarakat Jember khususnya, identik dengan berkumpul atau berkerumun usai beribadah Salat Tarawih.

“Jadi dihimbau untuk tidak cangkru’an (berkerumun) tapi langsung pulang dan melanjutkan ibadah di rumah saja. Bagaimanapun kita harus maklum dengan kondisi pandemi Covid-19 ini. Agar bisa segera berakhir,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan mengaji setelah Salat Tarawih, atau akrab disebut tadarus Al Quran. “Tidak ada petunjuk khusus, tapi dipahami saja oleh masyarakat untuk dapatnya menerapkan 5M. Terutama menjaga jarak. Saya rasa lebih mudah mengaturnya untuk soal tadarus Al Quran itu,” ujarnya. (ark/tog/mzm)