Hukum  

DPMPTSP Jombang Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

SOSIALISASI: DPMPTSP Jombang saat menggelar sosialisasi perizinan berusaha berbasis resiko

MEMOX.CO.IDDinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS-RB) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) bagi Badan Usaha Koperasi di Kabupaten Jombang. Bertempat di Ruang Teratai Hotel Yusro Jombang, Selasa (27/02/2024)

Kadis DPMPTSP Jombang melalui Analisis Kebijakan Madya DPMPTSP Kabupaten Jombang Dra.EC. Mu’jizatun Khoiriyah dalam sambutannya menyampaikan, penanaman modal sangat berperan penting dalam memutar roda perekonomian nasional.

Sejalan dengan arah kebijakan nasional peningkatan inovasi dan kualitas penanaman modal merupakan modal utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkelanjutan dan mensejahterakan secara adil dan merata,” ujarnya.

Mu’jizatun menambahkan, Kementrian Investasi /Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia menetapkan dua arah kebijakan yaitu, peningkatan inovasi untuk mencapai target penanaman modal dan peningkatan penanaman modal yang berkualitas dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Pembangunan daerah merupakan salah satu pilar keberhasilan pembangunan nasional. Oleh karena itu, keselarasan pembangunan daerah dengan pembangunan nasional perlu ditingkatkan, hal ini sejalan dengan visi Jombang berkarakter dan berdaya saing,” ucap Mu’jizatun.

Lanjut Mu’jizatun, tujuan pelaksanaan sosialisasi adalah meningkatkan kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang dalam kegiatan fasilitasi kemudahan berusaha, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha terhadap aplikasi (OSS RBA) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), dan meningkatkan realisasi investasi penanaman modal.

Mu’jizatun juga mengatakan, untuk memenuhi tujuan tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) secara berkala melakukan kegiatan sosialisasi guna mendukung peningkatan capaian target kemudahan pelayanan perizinan berusaha dan kepatuhan pelaku usaha dalam penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

“Kami berharap kepada peserta untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti sosialisasi ini guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha berbasis resiko (OSS RBA) dan penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM),” pungkasnya. (wis)