Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Dua Desa di Gandusari Jebol

45
0
Akibat diterjang banjir, jembatan yang menghubungkan Desa Butun dan Desa Ngaringan Kecamatan Gandusari jebol.
Akibat diterjang banjir, jembatan yang menghubungkan Desa Butun dan Desa Ngaringan Kecamatan Gandusari jebol.

Blitar, Memox.co.id – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Butun dan Desa Ngaringan Kecamatan Gandusari jebol. Akibatnya akses jalan kedua desa tersebut terputus.

Kejadian tersebut akibat hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Blitar sejak Minggu (13/12/2020) sore hingga Senin (14/12/2020).

Kapolsek Gandusari, Iptu Tri Wahyudi mengatakan, sama seperti wilayah lain di Kabupaten Blitar, wilayah Gandusari juga diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu siang.

“Akibat hujan tersebut, sungai tidak mampu menampung air hujan sehingga air meluap dan menyebabkan banjir hingga mengakibatkan jembatan yang menghubungkan Desa Ngaringan dengan dusun Balong Desa Butun terputus. Selain itu air juga masuk ke pekarangan warga,” kata Tri Wahyudi.

Lebih lanjut Tri Wahyudi menjelaskan, petugas gabungan Polsek Gandusari dan juga BPBD Kabupaten Blitar pagi tadi telah melakukan pengecekan kondisi jembatan yang terputus.

“Sudah dicek tadi pagi untuk penanganan lebih lanjut. Akibat dari putusnya jembatan ini mengganggu aktifitas warga sekitar, sehingga warga harus menggunakan akses jalan lain yang jaraknya lebih jauh sekitar 3 hingga 4 kilometer,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat banjir yang terjadi akibat dari hutan yang beralih fungsi menjadi perkebunan tanaman pisang sehingga daya serap air hujan kurang dan mengakibatkan banjir. Namun hal ini masih dalam pengecekan petugas Polsek Gandusari. (jar)