Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Sumawe Terbakar Telan Kerugian Rp500 Juta

Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Sumawe Terbakar Telan Kerugian Rp500 Juta
Petugas Damkar Kabupaten Malang mematikan api di sebuah rumah di Desa Druju, Kecamatan Sumawe. (foto:nif)

MEMOX.CO.ID – Sebuah rumah di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang terbakar. Kejadian ini terjadi pada Rabu (5/6/2024) sekitar pukul 11.40 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian material hingga Rp500 jutaan.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satpol PP Kabupaten Malang Sigit Yuniarto menyebutkan, kebakaran ini diduga korsleting listrik.

“Sumber api diduga karena korsleting arus listrik,” katanya.

Sehingga, dirinya harus menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan ambulan J99 untuk memadamkan api pada rumah seluas 7×12 meter.

“Rumah ini milik Bapak Poniem umur 77 tahun,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Sumbermanjing Wetan Iptu Loto Condro Siswanto menambahkan, api pertama kali diketahui oleh bapak RT setempat yang bernama Giri (57). Bahwa, di rumah Poniem, terlihat kepulan asap yang berasal dari bagian dapur.

“Dan api sudah membakar dapur yang diduga keras bersumber api karena korsleting listrik pada saat korban menanak nasi di dapur,” katanya.

Api yang sudah menjalar dan membakar perabot rumah hingga atap dapur, membuat warga kesulitan memadamkan api. Kemudian, dengan cepatnya api merembet ke dalam rumah hingga seluruh isi rumah.

Sebelum pihak Damkar, pihak desa, Polsek Sumbermanjing Wetan, kemudian Bhabinsa Desa Druju, dan Koramil datang ke lokasi, terlebih warga sudah bahu-membahu memadamkan api.

“Bersama-sama dengan warga, alhamdulillah api sekitar satu jam kemudian berhasil dipadamkan. Dan tidak sampai merambat ke pemukiman warga,” katanya.

Cuma, atas peristiwa ini, korban harus menelan kerugian material sebesar kurang lebih Rp500 juta. Pasalnya, seluruh isi rumah ikut hangus terbakar.

“Kebakaran diduga keras terjadi karena adanya korsleting listrik pada alat penanak nasi (Mejicom) pada saat korban sedang menanak nasi, hingga terjadi percikan api menyambar atap hingga kedalam rumah,” pungkasnya. (nif/syn)