Desa Binor Terpilih Jadi Kampung Benar, Wakili Polres Probolinggo

Desa Binor Terpilih Jadi Kampung Benar, Wakili Polres Probolinggo
Polda Jatim beri penilaian Desa Binor sebagai kampung bebas narkoba. (foto:sty)

MEMOX.CO.ID– Desa Binor Kecamatan Paiton menjadi salah satu Desa yang terpilih sebagai Kampung bebas narkoba di ajang pemilihan kampung bebas narkoba (Benar) yang diselenggarakam oleh Polda Jawa Timur. Salah satu desa yang terletak di ujung timur Kabupaten Probolinggo ini juga dekat  dari Pelabuhan PLTU Paiton.

Acara penilaian kampung bebas narkoba, Senin (18/9) malam. Kepala Desa Binor Hostifawati dan Kasat Narkoba Polres Probolinggo AKP Ahmad Jayadi memaparkan tentang Kampung Benar Desa Binor.

Ketua TIM Penilai Kampung Tangguh AKB Arif Wicaksono mengatakan, Kampung Benar ini dilombakan dan diikuti oleh Polres jajaran Polda Jatim. Adapun penilaian yang dilakukan, meliputi keberlangsungan dan peran serta masyarakat terhadap terciptanya wilayah yang bebas narkoba.

“Untuk Desa Binor ini, saya belum keliling semuanya, tapi insyallah bagus. Untuk siapa juaranya, kita nilai dulu seluruh Jatim,” terangnya.

AKP Ahmad Jayadi menambahkan, persiapan Kampung Benar Desa Binor ini sudah dilakukan sejak 2 Agustus 2023 lalu, kamudian dilaunching oleh Kapolres Probolinggo pada 11 Agustus 2023.

“Tadi banyak petunjuk dari tim penilai baik dari kelebihan dan kekurangan kami,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Binor Hostifawati mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan cara  memberikan penyuluhan dan sosialisasi.

“Setiap kegiatan dibina langsung  langsung oleh pak Kasat Narkoba,” katanya.

Hostifawati berharap, desanya yang saat ini mewakili Polres Probolinggo, menjadi pemenang dalam kegiatan lomba Kampung Benar itu. Sehingga nanti mampu mewakili Polda Jatim untuk lomba Kampung Benar tingkat nasional.

“Mudah-mudahan sesuai keinginan kita untuk selalu menjadi yang terbaik,” harapnya. (bhj/ono)